AJS Langkat Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMA N1 Secanggang


DikoNews7 -

Gabungan insan Pers dari beberapa media yang bertugas di Kabupaten Langkat dan tergabung dalam Aliansi Jurnalis Siber (AJS) Langkat, menggelar pelatihan jurnalistik bagi para pelajar.

Dengan tema "Membentuk generasi muda yang handal menulis dan menghindari berita hoax", kegiatan diikuti puluhan siswa siswi SMA Negeri 1 Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumut. Senin (18/12/2023).

Ketua AJS Langkat Muhammad Afandi yang juga pemilik media LPC-online.com disela-sela kegiatan mengatakan. Pelatihan di gelar di SMA Negeri 1 Secanggang dan diikuti oleh puluhan pelajar kelas XII, sesuai tema yang kita usung, pelatihan ini dalam rangka memperkenalkan dunia jurnalistik kepada para pelajar sekaligus membentuk karakter muda yang handal menulis.

"Pemahaman jurnalistik kita tanaman agar adik-adik pelajar memahami seluk beluk dunia jurnalistik, kode etik dan Undang- undang Pers menjadi pokok pembelajaran, sekaligus etika bermedia sosial agar terhindar dari berita hoax," terang Afandi.

Kepala SMA N1 Secanggang Agus Sujoko,M.Pd melalui PKS Kesiswaan Fitri Sari,S.Pd mengatakan, Alhamdulillah sekolah kita dipilih oleh AJS untuk mengikuti program pelatihan jurnalistik.

"Saat ini Bapak Kepala Sekolah tidak bisa mendampingi karena ada kegiatan diluar, namun beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada AJS atas kegiatan yang dilaksanakan, tentunya ini sangat bermanfaat bagi kita dan para siswa guna menambah ilmu dan wawasan jurnalistik hingga dapat mengembangkan imajinasi dalam menulis sesuai dengan kode etik dan tidak menyalahi undang-undang," ucap Fitri.

Dalam kegiatan ini, Ketua PWI Kabupaten Langkat M Darwis Sinulingga hadir langsung sebagai Nara sumber, dirinya mengatakan, kegiatan ini sangat perlu dilakukan mengingat adik-adik sebagai generasi bangsa sangat rentan akan berita dan konten-konten hoax yang hadir di media sosial.

"Kita sangat mendukung kegiatan ini, agar adik-adik dapat memahami dunia jurnalistik, kode etik dan UU Pers serta  dapat memillah antara berita real yang nyata sesuai fakta dan berita hoax, semoga apa yang disampaikan bermanfaat," ucap Ketua PWI Kabupaten Langkat M Darwis Sinulingga yang akrab disapa dengan sebutan Yong Ganas.

Selain itu, pimpinan media online halkahalki.com Reza Lubis dan wartawan kejarfakta.com Dicky Suhendro menyampaikan dan memafarkan seluk beluk dunia jurnalistik, mulai dari pengenalan 5W+1H sampai penyusunan berita

Selain Muhammad Afandi, Reza Lubis dan Dicky Suhendro, dalam kegiatan ini hadir juga anggota AJS Langkat Budi Syah Kurnia (Dikonews7.com), Limbong Ahmad (Deteksi.co) dan Syahrial (Metro-onenews.id), serta dewan guru dan siswa-siswi SMA N1 Secanggang. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel