Pj Bupati Nizhamul Kunjungi Situs Sejarah Kabupaten Batu Bara


DikoNews7 -

Pejabat (Pj) Bupati Batu7 Bara Nizhamul. SE. M. M melakukan kunjungan kerja di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batu Bara. Selain itu, Pj. Bupati melihat langsung situs sejarah berupa Makam Kubah Batu Bara di Desa Kuala Gunung, kecamatan Datuk Lima Puluh,. Jum'at (16/02/2024). 

Pj. Bupati didampingi Kaban Kesbangpol Azwar, Camat Datuk Lima Puluh Wahidin Kamal, Kabag Kesra Yusrizal, Direktur RSUD Batu Bara dr. Wahyu, beserta rombongan untuk melihat langsung situs sejarah kabupaten Batu Bara. 

Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul begitu melihat kondisi kubah yang kurang terawat mengatakan, agar lebih memperhatikan dan merawat situs peninggalan bersejarah tersebut. Harapannya tempat-tempat bersejarah terawat agar terjaga kelestariannya. 

Selanjutnya, Pj. Bupati Nizhamul beserta rombongan mengunjungi kawasan wisata Pantai Sejarah yang berada di Desa Perupuk, kecamatan Lima Puluh Pesisir. 

Sebelumnya, tokoh budayawan dan sejarahwan kabupaten Batu Bara Buyung Morna menjelaskan, bahwa kubah Batu Bara ini dianggap sebagai cikal bakal tercetusnya nama kabupaten Batu Bara. 

Lebih lanjut Buyung Morna mengatakan, kubah Batu Bara merupakan situs sejarah yang ada di kabupaten Batu Bara, untuk mengingat sejarah maka nama kabupaten Batu Bara berasal dari api yang membara pada malam hari. Selain itu, tempat ini dipercaya sebagai lokasi makam raja pertama dan istri raja. 

"Kubah Batu Bara ini dulunya sempat terkenal karena adanya pohon yang dikeramatkan oleh masyarakat dahulu karena pohon tersebut mempunyai bentuk seperti wajah manusia, " sebutnya. 

Kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara untuk mendukung pelestarian kubah Batu Bara agar menjadi lokasi wisata, tuturnya. 

"Berharap adanya bantuan dan pembinaan terhadap kubah Batu Bara agar bisa dilestarikan karena merupakan situs sejarah, dan kami berharap kubah Batu Bara ini bisa menjadi lokasi wisata, " tukas Buyung Morna. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel