Kunjungi Istana Siak, Pj Bupati Batu Bara Berharap Menjadi Study Tiru Bagi Disporabudpar


DikoNews7 -

Pejabat (Pj) Bupati kabupaten Batu Bara Nizhamul SE MM melakukan kunjungan ke Istana Siak Sri Indrapura berlokasi di Sri Indrapura, Kampung Dalam, kabupaten Siak, Riau, Sabtu (09/03/2024).

Istana ini memiliki nama lain yaitu Istana Asserayyah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur. Saat ini, Istana Siak Sri Indrapura sudah berstatus sebagai cagar budaya.

Kerajaan Siak Sri Indrapura didirikan pada tahun 1723 M oleh Raja Kecik yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah putera Raja Johor (Sultan Mahmud Syah) dengan istrinya Encik Pong, dengan pusat Kerajaan berada di Buantan.

Kehadiran Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul dan rombongan disambut langsung oleh Asisten II Drs H Hendrisan MSI dan dipandu oleh Tengku H T Syofian Sauri SSos MSI.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Batu Bara Nizhamul mengatakan, tujuan kunjungan ini adalah untuk mencari tahu fakta dan benang merah ikatan Kesultanan Siak Sri Indrapura dengan Istana Niat Lima Laras yang berlokasi di kecamatan Nibung Hangus, kabupaten Batu Bara.

Suatu hal yang sangat menarik ditemukan dalam kunjungan ini yaitu efektifnya tata kelola pariwisata Istana Siak yang mengedepankan prinsip pelestarian sejarah dan budaya, ini bisa dibuktikan dengan terjaganya keaslian barang-barang Kerajaan mulai dari foto, dokumen, stempel, keris, singgasana Raja, mahkota, dan lain sebagainya, sebutnya.

Pada kesempatan kunjungan itu, Pj Bupati Batu Bara Nizhamul berharap kunjungan ini bisa menjadi rujukan / studi tiru bagi Disporabudpar Batu Bara untuk menyusun road map revitalisasi pemugaran dan pengelolaan Istana Niat Lima Laras dan mendapatkan kembali barang-barang pusaka milik Istana Lima Laras ini di Leiden Belanda, pintanya.

Diakhir kunjungan itu, Pj Bupati beserta Kepala OPD berkeliling memasuki sejumlah ruangan yang terdiri dari dua lantai dan berdenah segi empat silang dengan gaya bangunan tampak menggabungkan gaya melayu, Arab dan Eropa yang berisi berbagai benda bersejarah. Ada pula sumur tua yang menjadi bagian dari Istana Siak Sri Indrapura tersebut.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel