Soal Dana Desa, Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Guntung


DikoNews7 -

Ratusan warga Desa Guntung, kecamatan Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara, datang berbondong-bondong menggeruduk kantor Desa Guntung, Rabu (06/03/2024).

Aksi ini dipicu karena adanya keganjilan terkait penggunaan program anggaran berasal dari Dana Desa (DD) tahun 2022 hingga 2023.

Ramainya warga yang datang menemui Kepala Desa (Kades) sudah lama di niatkan warga hingga akhirnya terwujud pertemuan dengan warga yang sejak awal tidak puas atas kebijakan Pemerintahan Desa (Pemdes) Guntung atas program pembangunan yang selama ini diduga tidak transparan.

Pernyataan ini dikutip dari keterangan warga yang hadir dan terlihat kesal warga saat meninjau dari luar ruang pertemuan delegasi warga dengan  berteriak mengatakan tak betul menyikapi jalannya percakapan antara Kades dan urusan warga.

Dalam pertemuan tersebut, urusan warga Dusun VI Abdullah memulai pernyataan pada pertemuan tersebut membuka dengan menyebutkan dasar Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) terang delegasi warga.

Lebih lanjut, warga Desa Guntung menyampaikan tiga garis besar ada dugaan Kades lakukan tiga hal, pertama, pengelembungan dana, kedua, ada program yang sudah dibuat, namun dalam kenyataannya belum di temui, dan yang ketiga, pelaksanaan telah dilaksanakan, tetapi secara prosedur seperti di papan iklan tidak di temui dan di tolak sambil membacakan selembar surat catatan warga tentang program Desa yang dipersoalkan dari 32 item.

Kegiatan yang diminta langsung di klarifikasi oleh Kades Guntung, Idris menjelaskan diantaranya tentang penggunaan dana pemeliharaan lapangan sepak bola sebesar Rp 47.700.000 tahun 2023, Rp 60.000.000 soal tanaman Hidroponik tahun 2022, dan bantuan perikanan senilai Rp 129.000.000 di tahun 2022. 

Sedangkan pembangunan Internet Desa Rp 18.000.000 serta operasional Rp 23.500.000 yang total keseluruhan sebanyak 32 program kegiatan.

Sementara itu, usai pertemuan dengan warga, Kades Idris mengatakan, hasil pertemuannya dengan warga dan sekaligus klarifikasi bahwa apa yang disampaikan warga terhadap anggaran tersebut perlu dijelaskan ulang,

Sembari Kades Idris mengucapkan terima kasih pada warganya sebagai sebuah aspirasi. Ia berjanji akan menelaah ulang dan mengumpulkan data-data dugaan tuduhan masyarakat agar terklarifikasi secara baik dan semuanya akan ada pertemuan ulang sebagai bentuk tanggung jawab dalam persoalan tersebut yang akan dijadwalkan sebagai kesempatan bersama utusan warga Desa Guntung, tuturnya kepada awak media.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel