Pengelolaan Limbah di RSU Bidadari Batu Bara, Begini Penjelasan Direktur Operasional


DikoNews7 -

Limbah medis atau yang biasa disebut dengan sampah medis menjadi pertanyaan besar masyarakat. Pasalnya, kebanyakan masyarakat masih belum mengetahui makanisme penanganan limbah atau sampah medis Rumah sakit (RS).

Untuk menjawab rasa penasaran masyarakat, awak media mencoba mengkonfirmasi kepada pihak terkait, dalam hal ini Direktur Operasional Rumah Sakit Umum (RSU) Bidadari Batu Bara dr. Rorry Hartono. SpFM, Subsp. EM (K). SH. MH.

Saat di temui di ruangan kerjanya, Senin (29/04/2024), dr Rorry menjelaskan, limbah medis ada dua jenis yakni limbah domestik dan limbah medis.

Limbah domestik kami kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Batu Bara. Untuk limbah medis kami kerja sama dengan PT ARA Enperimental Indonesia beralamat Jln Karya Darma Dusun II Desa Tanjung Morawa - B 08 kecamatan Tanjung Morawa, kabupaten Deli Serdang.

"Limbah domestik itu limbah sampah, seperti botol-botol, bungkus makanan, tidak terkait jarum, perban dan lain-lain. Jadi tidak terkait dengan pelayanan kami sehari-hari, " ujarnya.

Standar akreditasi Rumah Sakit setiap titik itu kita kasih kordinatnya hijau dan merah. Dalam memaksimalkan pengelolaan limbah domestik dan limbah medis sudah ada bagian petugas untuk menangani limbah tersebut, tutur dr Rorry.

Kalau limbah domestik kami tumpuk ditempat yang berbeda dari limbah medis dan akan diambil oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Batu Bara sebanyak 3 kali dalam satu Minggu, terangnya.

Dikatakan dr Rorry, kalau penanganan limbah cair dikelola langsung melalui instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yaitu segala bentuk cair kecuali air hujan.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel