Optimalkan SAKIP, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Audiensi ke Kemenpan-RB


DikoNews7 -

Dalam rangka mengoptimalisasikan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Langkat, Pj Bupati Langkat  H M Faisal Hasrimy AP MAP, melakukan audiensi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Langkat   didampingi Sekretaris Daerah Amril SSos MAP, Asisten Administrasi Umum Musti SE MSi, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ilhamsyah Bangun ST, serta tim SAKIP Kabupaten Langkat.

Kehadiran tim Kabupaten Langkat disambut hangat oleh Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan. 

Akhmad Hasmy selaku Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan I serta Ibu Riri Sitanggang selaku PIC SAKIP Kabupaten Langkat di Jakarta. Selasa (21/05/2024).

"Kami  dengan tangan terbuka akan siap mendampingi bagi Pemerintah Daerah yang serius dan bersungguh-sungguh," ucap Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si.

Lebih lanjut, Dr. Erwan menyampaikan beberapa temuan untuk hal-hal yang perlu dipenuhi dan diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Langkat dalam rangka peningkatan implementasi SAKIP.

Diantaranya meningkatkan kualitas AKIP 2/3 OPD, menyusun rencana aksi yang berkualitas, melakukan monitoring atas target kinerja yang telah diperjanjikan dengan memanfaatkan teknologi informasi, dan memonitoring tindak lanjut hasil evaluasi internal, terangnya.

Pada audiensi ini Pemerintah Kabupaten Langkat menyampaikan segala upaya yg sudah dilakukan dalam rangka peningkatan SAKIP dan perbaikan dokumen pemenuhan SAKIP yang nantinya menjadi bahan evaluasi atas penilaian SAKIP oleh KemenPAN RB.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ilhamsyah Bangun, ST sebagai perwakilan Perangkat Daerah Kabupaten Langkat melakukan pemaparan terkait pelaksanaan implementasi SAKIP di unit kerjanya.

Dari pemaparan tersebut disimpulkan bahwa implementasi SAKIP  di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dapat terbilang sudah baik. 

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dapat menjadi contoh bagi Perangkat Daerah lainnya yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat". Tutur Bapak Pj. Bupati Langkat.

Sebelum acara ditutup, terakhir Bapak Asisten Deputi menyampaikan bahwa "Nilai atas capaian SAKIP adalah bentuk sebuah penghargaan, tapi yang terpenting adalah kemauan untuk melakukan penataan agar pengimplementasian dapat berjalan baik," ujarnya. (Kurnia02)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel