Kesepakatan dan Kesepahaman Bersama, Pj. Bupati Batu Bara dan Bupati Siak Teken MoU


DikoNews7 -

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara melakukan penandatanganan naskah kesepakatan pembangunan dan pengembangan sektor kebudayaan khususnya budaya melayu Batu Bara dengan Pemerintah Kabupaten Siak. Penandatanganan naskah kesepakatan tersebut di lakukan di Aula Kantor Bupati Siak, Provinsi Riau, Minggu (09/06/2024). 

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Pejabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul. S.E. M.M dan Bupati Siak Alfredi, dan itu merupakan sejarah yang berulang dalam Versi kekinian. Momen di mana kabupaten Batu Bara berupaya merajut kembali simpul-simpul lepas menjadi sebuah ikatan dari hubungan yang sudah terbangun dari zaman dahulu. 

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Nizhamul mengutarakan kesepakatan dan kesepahaman yang ditandatangani ini dapat menjadi tonggak revitalisasi hubungan sejarah yang sudah terjalin sangat baik pada masa-masa lalu. 

Nizhamul juga mengatakan, antara kabupaten Siak dengan kabupaten Batu Bara merupakan negeri kembar. 

Nizhamul juga tidak berlebihan menyampaikan, bahwa Siak dan Batu Bara adalah saudara tua dan muda yang dalam perjalanan sejarahnya saling berkaitan, bahkan kami mendengar, melihat dan diberi catatan bahwa ada Panglima yang berasal dari Batu Bara berpusara disini, yaitu Panglima Hitam yang berasal dari Kedatukan Lima Laras, kabupaten Batu Bara. 

Di tempat yang sama, Bupati Siak Alfredi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul beserta Kepala OPD, para Zuriat Kedatukan berserta Pengurus LAM Batu Bara. 

Alfredi berharap dengan adanya kesepakatan dan kesepahaman MoU ini dapat menjadi keberkahan. 

Kesepakatan dan kesepahaman ini, kedepannya Pemerintah Siak dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara dapat mengkaji sejarah dan kebudayaan melayu dan melestarikan, mengembangkan serta memajukan budaya melayu. Dengan sebagai pusat kebudayaan melayu berada di kabupaten Siak, tukas Alfredi. 

Suasana pertemuan yang berlangsung hangat tersebut diakhiri dengan pertukaran cindera mata dari kedua belah pihak. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel