Kapolda Sumut Pimpin Upacara HUT Ke-74 di Mapolda Sumut



DikoNews7 | Medan - Kapolda Sumut pimpin Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut. Sabtu (17/8) sekira pukul 08.00 Wib.

Dalam kesempatan ini turut di hadiri oleh Irwasda Polda Sumut, PJU Polda Sumut, Personil Polri dan ASN Polda Sumut sekitar 1000 personil.

Amanat Inspektur Upacara yaitu Bapak Kapolda Sumut membacakan Arahan Kapolri yang menyampaikan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang besar. Memiliki wilayah yang terbentang sepanjang lebih dari 5.428 km, memiliki 17.506 pulau, serta garis pantai sepanjang 99.093 km.

Indonesia juga dianugerahi sumber daya alam yang beragam dan melimpah. Mulai dari keanekaragaman flora dan fauna, bahan-bahan tambang yang bernilai tinggi, 
serta kekayaan hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan kelautan. 

Kapolda Menyampaikan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia, menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa. 

Selain itu, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa, 
dan negara.

Bapak Kapolda juga mengatakan, bahwa pemolisian di era demokrasi harus 
bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. Hal tersebut diwujudkan dengan penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas. 

Pemolisian di era demokrasi juga harus disertai dengan akuntabilitas dan transparansi dalam 
pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi.

Kapolda kemudian menyampaikan Upacara Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi kepada institusi Polri. 

Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri. Hal tersebut merupakan implementasi Agenda Pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “meningkatkan sumber daya manusia yang 
berkualitas dan berdaya saing”.

Oleh karena itu, bapak Kapolda berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. Laksanakan deteksi dini, Jalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal. 

Selanjutnya, pedomani seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri.


Reporter : Asn
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel