Bupati Batubara Zahir Resmi Buka Musrenbang Dan RKPD Tahun 2019 - Diko News

Bupati Batubara Zahir Resmi Buka Musrenbang Dan RKPD Tahun 2019


Dikonews7 | Batubara - 

Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP resmi buka acara Musrenbang Kab. Batubara tahun 2019 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) menuju tahun 2020 yang juga akan disinkronkan dengan RPJMD Kab. Batubara (2019-2023) secara resmi dibuka di Mph Tanjung Gading Kuala Tanjung, Rabu (9/10/2019).

Rangkaian acara Musrenbang diawali dengan kajian Musrenbang desa, Selanjut nya Musrenbang Kecamatan dan konsultasi publik Ranwal RKPD tahun 2020 bersama forum perangkat daerah yang bertujuan untuk meningkatkan dan penguatan pelaksanaan kebijakan Money Follow Program Priority yang mengacu pada kebijakan Provinsi serta Nasional.

Pembahasan rencana pembangunan tahun 2020 RKPD merupakan rencana pembangunan RPJMD tahun ke kedua (2) menuju arah kebijakan percepatan pembangunan infrastruktur penunjang industri dan Pariwisata serta pembangunan kawasan perkantoran, Juga menjadi prioritas terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan, Kesehatan, Pengembangan industri berbasis masyarakat, Pertanian, Dan Perikanan serta peningkatan Profesionalisme Aparatur Negara.

Pada kesempatan nya, Bupati Ir H Zahir M.AP menyampaikan capaian kondisi makro ekonomi dan sosial Kab. Batubara tahun 2018, Dimana pertumbuhan ekonomi dan sosial Kab. Batubara tahun 2018 mengalami pertumbuhan sebesar 4,38% naik dibanding angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 sebesar 4,11%. 

Sementara Presentase penduduk miskin tahun 2018 mengalami sedikit peningkatan pada tahun 2017 dari 12,48% (50,91 ribu jiwa). Sedangkan tingkat pengangguran pada tahun 2018 juga mengalami sedikit peningkatan terhitung dari tahun 2017, 5,00% meningkat pada tahun 2018 menjadi 5,39%.

" Saya sudah mengidentifikasi berbagai masalah dan tantangan yang akan kita hadapi, Maka di tahun 2020 akan diprioritaskan 5 pembangunan di Kab.Batubara yakni, Program Peningkatan Pembangunan Manusia, Program Peningkatan Pembangunan Infrastruktur, Peningkatan nilai tambah ekonomis masyarakat, Peningkatan Sumber Daya Air dan Lingkungan Hidup, Serta peningkatan tata kelola Pemerintahan dan penegakan hukum serta pelayanan publik berbasis sistem teknologi informasi dan inovasi." Papar Zahir

Selanjutnya dijelaskan Zahir lagi, " Untuk memenuhi target 5 prioritas peningkatan pembangunan Kab.Batubara, Diharapkan Forum Perangkat Daerah harus mampu bersama-sama meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Menurunkan angka pengangguran terbuka , Menurunkan angka kemiskinan, Menekan laju inflasi, Dan meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) serta menurunkan Koefisien Ratio." Pungkas nya

Berbagai upaya yang dilakukan Pemkab. Batubara terutama dalam peningkatan Good Government dan Clean Governance dengan cara pendekatan Teknokratis, Politis, Partisipatif, Topdown, Dan Bottom Up. 

Sehingga diharapkan dapat mewujudkan pengembangan potensi dan ekonomi yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terutama pengembangan implementasi aplikasi E- Planning yang memudahkan pelaksanaan penyusunan RKPD,KUA-PPAS yang mampu memberikan manfaat dalam penggunaan anggaran yang efektif dan efisien dengan sistem analisis informatif yang maksimal.

Dalam rangka Musrenbang Kab. Batubara tahun 2019 dengan tema " Terwujudnya Sumber Daya Manusia  Yang Berkualitas Dengan Meningkatkan Mutu Kesehatan, Pendidikan, Dan Infrastruktur Serta Mengoptimalkan Pemanfaatan Potensi Ekonomi Guna Mewujudkan Daerah Yang Berdaya Saing, Mandiri, Dan Sejahtera ".

Hadir dalam acara Sosialisasi dan Sinkronisasi Pasca Musrenbang dan RKPD Kab. batubara tahun 2019, Forum Perangkat Daerah, Setda, Staf Ahli, OPD, Asisten, Kabag, Camat dan para undangan.

Reporter : Aswat
Editor : Sapta






No comments

Powered by Blogger.
close