Ketua MPR : Jadwal Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 Mundur


DikoNews7 | Jakarta - 
 
Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya memundurkan jadwal pelantikan Jokowi-KH Ma'ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden 2019-2024 dari awalnya 20 Oktober pagi hari menjadi sore hari.
 
Awalnya, pelantikan direncanakan pukul 10.00 WIB, dan diganti menjadi pukul 16.00 WIB. "Karena kita ingin agar saudara-saudara kita memberi kesempatan bisa beribadah pada paginya," kata Bambang Soesatyo, Selasa (8/10/2019).
 
Selain itu, disadari juga bahwa masyarakat akan berolahraga di pagi hari dengan adanya car free day. Ketika pelantikan dilakukan, rencananya sejumlah jalan protokol akan ditutup dan tak boleh dimasuki masyarakat. Dengan demikian, car free day yang biasanya dilakukan pagi hari bisa tetap berlangsung.
 
"Kalau pelantikan pagi akan mengganggu masyarakat kita yang berolahraga," ujarnya.
 
Pada kesempatan itu, Bamsoet juga memberikan seruan kepada mahasiswa yang akan berdemonsrasi pada waktu-waktu jelang pelantikan untuk menundanya.
 
"Saya berharap kepada adik-adik mahasiswa untuk mengurungkan niat demo karena harus menghormati peristiwa pelantikan presiden," katanya.
 
Menurut Bamsoet, mata dunia akan melihat kepada proses pelantikan itu. Sehingga jika ada demo besar-besaran, akan tidak elok bagi bangsa Indonesia. Kata Bamsoet, sejumlah kepala negara sudah diundang untuk hadir di saat pelantikan itu.
 
Lagipula, lanjut Bamsoet, masalah UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebenarnya tak lagi terkait dengan Parlemen. UU KPK yang baru itu otomatis akan berlaku pada 17 Oktober walaupun tak diteken oleh presiden. 
 
Maka satu-satunya cara menghentikan pelaksanaan UU itu adalah dengan mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).
 
"Jadi salah alamat kalau demonya ke DPR karena tugas DPR sudah selesai," tandasnya.
 
Editor : Sapta
Sumber : Berita Satu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel