Yuk Guys.. Simak Cara Buat Nasi Uduk


DikoNews7 | Medan - Nasi pecel Lele atau yang biasa di sebut nasi uduk ini merupakan salah satu variasi dari nasi biasa. Rasa nasi uduk yang gurih membuatnya memiliki banyak penggemar. 
Selain rasanya yang gurih, nasi uduk juga memiliki banyak penggemarnya karena harganya yang murah, dan terjangkau, bahkan di beberapa warung, Anda cukup mengeluarkan 10000 Ribu untuk dapat menikmati kenikmatannya. 
Selain itu, cara membuat nasi uduk ternyata gampang. Nasi uduk tentu berbeda dengan nasi biasa baik dari rasa maupun cara pembuatannya. Jika nasi biasa hanya dimasak dengan menggunakan air, maka nasi uduk dimasak dengan menggunakan air santan kental dan beberapa rempah-rempah untuk menambah kesedapan dari hanya sebuah nasi biasa saja.
Nasi uduk memang seringkali disamakan dengan nasi kuning. Namun, tentu ke dua nasi ini berbeda variasi. Yang berbeda adalah dari segi warna. Nasi uduk sekilas warnanya memang serupa dengan nasi biasa, sedangkan nasi kuning, sesuai dengan namanya berwarna kuning. 
Cara penyajiannya pun berbeda. Jika biasanya nasi kuning identik dengan tumpeng, maka untuk nasi uduk, Anda tidak perlu susah-susah membuat tumpeng. Cukup disajikan biasa saja seperti warung dipinggir pasar. 

Nasi uduk sendiri berasal dari Betawi. Secara harafiah, nasi uduk berarti nasi campur karena berasal dari bahasa Indonesia “aduk”. Dan juga seperti saudaranya yakni nasi kuning, nasi uduk juga perlu beberapa lauk dan sayuran pelengkap untuk menambah cita rasa. 
Lauk dan sayur pelengkap dari nasi uduk sendiri bisa berupa tempe orek, telur yang dimasak dengan berbagai cara, tahu tempe teri kering, ayam goreng, jeroan, empal, urap-urap, dan masih banyak lainnya. Tidak boleh ketinggalan juga yaitu sambal dan krupuk.
Bagi beberapa orang mungkin ribet ya membuat sendiri nasi uduk di rumah, padahal membuat nasi uduk itu mudah lho. Dengan membuat nasi uduk sendiri di rumah, Anda bisa mengkreasikan lauk dan sayuran pelengkap sesuai dengan selera Anda. Langsung saja simak cara membuat nasi uduk sederhana dan enak di bawah ini.

1. Cara membuat nasi uduk

Bahan :

  1. Beras 300 g, cuci bersih
  2. Santan kelapa kental 450 ml
  3. Daun salam muda 2 lembar
  4. Cengkeh 2 butir
  5. Serai 2 batang, memarkan
  6. Kayu manis 2 cm
  7. Merica ½ sdt
  8. Garam 1 sdt

Cara membuat :

  1. Rebus santan dan masukkan pula daun salam,cengkeh, serai, kayu manis, merica, dan garam. Aduk hingga mendidih.
  2. Campurkan santan dan beras. Kukus hingga beras matang atau jadi nasi.
  3. Nasi uduk siap disajikan.
Reporter : Asn
Editor : Sapta
Sumber : Merdeka.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel