Bupati Zahir Pimpin Ratas OPD, Sampaikan Hasil Rakornas Sinergikan "Indonesia Maju" - Diko News

Bupati Zahir Pimpin Ratas OPD, Sampaikan Hasil Rakornas Sinergikan "Indonesia Maju"


DN7 | Batubara - Bupati Batu Bara Ir. H Zahir, M. AP sampaikan dalam rapat singkat di aula Bupati bersama dengan OPD Batubara yakni 5 (lima) program kerja Presiden yang di jabarkan dengan menyesuaikan kondisi daerah Batu Bara untuk dikerjakan bersama sama, Senin (18/11/2019).

Hal yang pertama (1) di sampaikan Bupati Zahir setelah kembali nya dari Rakornas Indonesia Maju beberapa waktu lalu di Jakarta yaitu, tentang Pembangunan sumber daya manusia yang akan menjadi prioritas utama. Upaya tersebut dilakukan untuk merespons bonus demografi yang menciptakan peluang tersendiri.

Dalam harapan Pemerintah Pusat dan Daerah dapat bersenergi dalam program ini agar menciptakan karakter generasi pekerja keras yang dinamis, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Manajemen SDM optimal dan dapat bekerja sama dengan para pelaku industri di tanah air.

Sementara untuk yang kedua (2) tentang pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan untuk mendukung aktivitas masyarakat, termasuk untuk mendukung pengembangan perekonomian dan kemudahan aksesibilitas.

Hal ketiga (3) yang disampaikan Bupati yakni terkait rencananya untuk menyederhanakan segala bentuk kendala regulasi. Karena itu, bupati mengajak OPD untuk menciptakan Lapangan pekerjaan dan Pemberdayaan UMKM dengan menyesesuaikan atas penilaian yang berpatutan dan menghindari dari kegiatan yang dapat menghambat tercapainya lapangan kerja dan UMKM di Batubara.

Selanjutnya yang ke empat (4) disampaikan Bupati Zahir adalah Penyederhanaan birokrasi dengan Memperpendek atau memotong birokrasi yang panjang dan penyederhanaan struktur apakah perlu penyesuaian dan berpatutan, Termasuk eselonisasi tingkat fungsional yang menghargai kompetensi dan keahlian.

Dan yang ke lima (5) tentang Transformasi upaya ekonomi dari ketergantungan sumber daya alam ke daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran masyarakat Batubara. Dapat menumbuhkan lapangan kerja baru yang mampu menumbuhkan perekonomian lokal.

Sebagai tambahan catatan rapat terbatas, Bupati Zahir juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan bersama (OPD), Di antara nya untuk segera mengangkat bendahara di setiap OPD, Melakukan segera kegiatan lelang barang dan jasa, Mempersiapkan tempat-tempat (Bak) sampah, Terutama sekali diharapkan bagi OPD untuk memperhatikan tentang teknis dan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa sesuai dengan regulasi, agar indikasi Mark-up dapat diminimalisir dan melakukan analisis kebutuhan pegawai dilaksanakan di dalam bulan Desember 2019.

Selain itu, Bupati Zahir juga menyampaikan agar jangan takut menggunakan anggaran sepanjang dipergunakan untuk kepentingan masyarakat banyak. Kemudahan dan jaringan yang dimiliki Batubara agar dimanfaatkan oleh semua elemen, Sepanjang untuk hal-hal positif.

Sebelumnya, Bupati Zahir juga mengucapkan apresiasi bagi OPD yang telah tanggap akan penanggulangan bencana Banjir dan Angin puting beliung serta menetapkan pada tanggal 26 Oktober hingga 3 November ditetapkan sebagai hari Daerah tanggap darurat bencana ke 1 dan ke 2 di Kab.Batubara.

Terakhir, Bupati Zahir mengucapkan terimakasih kepada seluruh pejabat dan lembaga masyarakat yang ikut terlibat  atas suksesnya Pilkades Serentak 2019 di Batubara. Dan akan melakukan Evaluasi Pilkades yang tertunda yang akan diadakan dalam  waktu dekat untuk mengambil langkah pelaksanaan Pilkades berharap  dapat di dilaksanakan dalam tahun 2019 ini juga.

Sedangkan tambahan catatan yang di sampaikan saat bersamaan Ratas bersama OPD, Bupati Zahir juga perintahkan agar, " Pelaksanaan pelantikan anggota Dewan dan kelengkapannya termasuk ruang dan kelengkapan kerja, rumah jabatan pimpinan Dewan agar menjadi perhatian Sekretaris Dewan dengan segala persiapan nya dalam waktu dekat ini." Papar nya mengakhiri Ratas bersama OPD. (Aswat)






No comments

Powered by Blogger.
close