Buka Pelatihan Ketua PKK Pekon, Wabup Harapkan Kader PKK Berkualitas


DN7 | Gisting - 

Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, menghadiri sekaligus membuka Pelatihan PKK bagi Ketua Tim Penggerak PKK Pekon se Kabupaten Tanggamus, di Aula Serumpun Padi, Kecamatan Gisting, Rabu (11/12/19).

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Ketua DWP Nuraini Lubis, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Uspika Kecamatan Gisting, para Ketua TP PKK Kecamatan, para Ketua TP PKK Pekon se Tanggamus, serta para Kader PKK.

Wabup Hi. AM Syafi'i menyampaikan, bahwa pelatihan bagi para Ketua TP-PKK Pekon agar dijadikan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan TP PKK Pekon. Demi terwujudnya kader-kader yang berkualitas dan lebih baik lagi, khususnya bagi peningkatan pengetahuan dan pemantapan pelaksanaan administrasi.

"Pelatihan ini juga dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kader PKK dalam melaksanakan program kegiatan PKK, terutama 10 Program Pokok PKK, yang harus dilaksanakan mulai dari tingkat Pekon hingga kabupaten, agar kedepannya semakin baik lagi," kata Wabup.

Lanjut Wabup, Gerakan PKK adalah gerakan nasional yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju, mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Maka diperlukan partisipasi yang tinggi dari para pengurus TP PKK dari setiap jenjang tingkatan, mitra kerja dan para kader sebagai garda terdepan pelaksanaan 10 Program PKK.

"Untuk itulah para kader PKK harus terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, sehingga dapat berperan maksimal, guna membantu meringankan tugas Pemerintah meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," tandasnya.

Sementara Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati, menyampaikan gerakan PKK yang telah tumbuh dan berkembang masih perlu pembinaan yang rutin, terus menerus dan terjadwal, sehingga akan terjalin rasa kebersamaan dalam lingkungan dan wilayah, untuk melaksanakan program.

"Untuk itu, dalam mendorong terwujudnya keluarga yang sejahtera, maka kegiatan TP PKK ke depan harus lebih ditingkatkan, dan tentunya seiring dengan peningkatan kemampuan kader yang berkualitas, salah satunya dapat terwujud melalui pelaksanaan LP3PKK TP.PKK ini," ujarnya.

Sri Nilawati juga meminta TP PKK Pekon dan Kelurahan, untuk selalu menciptakan inovasi baru yang bermanfaat, serta dapat dirasakan langsung oleh kader dan masyarakat.

"Banyak peran aktif PKK di masyarakat, diantaranya untuk penurunan stunting, meningkatkan pendidikan dan ketrampilan anggotanya, aktif membantu mengurangi limbah plastik, serta pencegahan kanker serviks (leher rahim)," tandasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Kegiatan Ny. Arpin, melaporkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 hari yang diikuti oleh 9 kecamatan dan 140 Pekon. Dengan jumlah peserta 149 orang. (Rudi)

Editor : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel