Bupati Zahir Nobatkan Wisata Kampung Tenun Di Desa Padang Genting Kec.Talawi


DN7 | Batubara - 

Setelah meresmikan Kampung Jepang beberapa waktu lalu, kini Pemkab Batubara menetapkan kampung baru lagi. Namanya Kampung Tenun. Lokasinya di Desa Padang Genting, Kecamatan Talawi.

"Melihat prospek dan sejarah budaya lokal di Batubara, maka saat ini kita merintis pendirian Kampung Tenun. Keberadaan Kampung Tenun ini secara perlahan akan menambah dan meningkatkan panghasilan masyarakat," kata Bupati Batubara, Zahir, saat meresmikan Kampung Tenun, di Desa Padang Genting, Kamis (19/12/2019).

Ia mengatakan, pada umumnya di Desa Padang Genting, setiap wanita memiliki keterampilan menenun. Proses pembuatannya masih menggunakan alat tradisional dan dikerjakan secara manual.

Masyarakat Kabupaten Batubara sadar betul dengan warisan turun temurun sebagai identitas Suku Melayu yang perlu dipertanggungjawabkan dan dilestarikan. Untuk itu, di Kabupaten Batubara ada satu kampung yang digagas menjadi Sentra Tenun Songket Melayu Batubara, yaitu Desa Padang Genting.

"Disamping Padang Genting, desa yang berdekatan seperti Desa Mesjid Lama, Tanjung Tiram, Lima Puluh maupun daerah lainnya, ke depan juga akan diplot menjadi Kampung Tenun," kata Zahir.

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Batubara, Margareta Silalahi menuturkan, peresmian Kampung Tenun di Desa Padang Genting merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Batubara membangun dan menumbuhkan industri kreatif. (Aswat)

Editor : Sapta

No comments

Powered by Blogger.