Cek Pengamanan Nataru 2020, Kapolri dan Panglima TNI Kunker di NTT


DN7 | Kupang - 

Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si bersama Panglima TNI kunjung kerja (Kunker, red) di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk cek kesiapan anggota TNI dan Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru (Natur) 2020. Minggu (22/12). 

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri dan Panglima TNI langsung mengunjungi Mapolda Nusa Tenggara Timur untuk melaksanakan Rapat bersama pejabat utama jajaran TNI Polri diwilayah Nusa Tenggara Timur.

Karoops Polda NTT menyampaikan laporan tentang kesiapan Polda NTT dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020. Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di wilayah Polda NTT dimulai pada tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 dengan nama “Ops Turangga Lilin”. 

Dalam pengamanan ini ada beberapa ancaman yang diutamakan, diantaranya Terorisme, harga dan ketersediaan pangan, arus mudik, bencana alam, kejahatan komvensional, dan laka.

Jumlah personel Ops Lilin Turangga 2019 berjumlah 5.105 Pers, dengan jumlah Polri 2.469 Pers dan TNI dengan Instansi terkait 2.636 Pers. Yang mencakup 16 Polres di wilayah Polda NTT, jumlah Gereja 2734 diantaranya 100 Gereja Prioritas, 50 Pos Pengamanan, dan 26 Pos Pelayanan.

Kapolri dalam rapat tersebut menyampaikan, Polri dan TNI bertanggung jawab memberikan pengawalan terhadap jalannya hari natal dan tahun baru, untuk kenyamanan saudara kita yang melaksanakannya.

Kemudian, Kapolri juga menjelaskan, untuk mewujudkan kenyamanan tersebut melibatkan semua komponen masyarakat baik TNI, Polri, juga dengan Pemerintah Daerah. TNI Polri harus bangun terus soliditas, karena Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia ada dipundak TNI Polri, Tegas Kapolri.

Kapolri juga mengucapkan selamat natal dan tahun baru kepada seluruh anggota TNI Polri dan keluarga yang merayakannya.

Panglima TNI dalam pengarahannya menyampaikan, Sinergi TNI Polri dalam pengamanan natal dan tahun baru merupakan kunci dasar kesuksesan jalannya pengamanan. Juga merupakan alat persatuan dan kesatuan untuk Indonesia maju.

Tetap harmonis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Panglima TNI juga menyampaikan sebelum berangkat tugas agar meminta restu kepada keluarga maupun orang tua, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar.

Selesai pelaksanaan rapat, Kapolri dan Panglima TNI melalukan peninjauan diantaranya pos pengamanan di Gereja Koinonia, Kupang dan pos pengamanan Gereja Katedral Katholik Kristus Raja. Didampingi oleh Pejabat Utama Mabes TNI dan Pejabat Utama Mabes Polri. (Asen)

Editor : Sapta



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel