Bupati Zahir Pimpin Rapat Musrenbang Desa Spesial Pembangunan Tahun 2021 Kab. Batubara - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Bupati Zahir Pimpin Rapat Musrenbang Desa Spesial Pembangunan Tahun 2021 Kab. Batubara


DN7 | Batubara - 

Bupati Batubara Ir H. Zahir M.AP membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Kabupaten Batu Bara Tahun 2020 di Mangkai Baru Lima Puluh. Senin (27/1/2020).

Pelaksanaan musrenbang bertujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan melalui pembahasan dengan pendekatan teknokratis, partisipatif dan bottom up planning serta pendekatan holistik-tematik, integratif dan spasial yang akan dirumuskan sebagai masukan dan saran terhadap pembangunan kabupaten Batubara tahun 2021.

Musrenbang desa merupakan sarana / proses bermusyawarah didalam tatanan kehidupan masyarakat yang ada di desa untuk menentukan arah pembangunan, menggali informasi, menyatukan persepsi membangun desa.

Dalam Sambutannya Bupati Zahir menyampaikan bahwa penyelenggaraan  musrenbang ini  sesuai dengan amanat undang undang nomor 25 tahun 2004, dan dipertegas lagi dengan Permendagri nomor 86 tahun 2017.

"Pentingnya prioritas pembangunan yang di usulkan oleh masyarakat baik itu yang nantinya bersumber dari Dana Desa maupun dari APBD Kab Batu Bara, Sehingga nantinya pembangunan dapat Terintegrasi, Terarah ,tidak tumpang tindih dan semua usulan yang di sampaikan dapat Terinventarisir dengan baik, dimana anggaran bantuan Pemerintah harus tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan." Ujar Bupati Zahir

Lanjutnya lagi, " Bantuan yang diberikan dapat berkembang dan bergulir dengan tetap memperhatikan pola pemerataan.
Pemerintah Kabupaten Batubara nantinya juga akan menaikan honor serta memberikan Kendaraan Roda 2 (dua) kepada Kepala Dusun, ini merupakan suatu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Batubara kepada Kepala Dusun, dengan harapan kedepannya Kepala Dusun dapat berkerja dengan maksimal." Pungkas Zahir

Selain itu, Bupati Zahir juga berharap kepada seluruh pemangku kepentingan agar berperan aktif dalam musrenbang desa, memberi masukan yang positif dan konstruktif, serta ikut melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Batubara, Sehingga hasil akhirnya dapat dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat desa.

Selanjutnya pada Bulan Februari akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbang di tingkat kecamatan dan pada bulan Maret yang akan dilakukan Musrenbang Kabupaten dalam rangka perumusan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2021.

Setelah pelaksanaan Musrenbang Bupati Batu Bara menyempatkan diri untuk melihat Green House Hidroponik Desa Mangke Baru yang merupakan binaan Karang Taruna Desa Mangke Baru. Harapan Bupati Green House Hidroponik ini dapat berkembang dengan baik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Acara yang berlangsung dihadiri oleh Anggota DPRD Kab Batu Bara Azwar Simanjuntak ,SE Fraksi Demokrat, Kepala Bappeda, jajaran OPD pemerintah Kabupaten Batu Bara, Camat Lima Puluh serta BPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Sei Mangke Baru Lima Puluh. (Aswat)

Editor : Sapta




Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close