Pemerintah, Dinkes Batubara Himbau Masyarakat Kenali Dini Virus Corona (nCov) - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Pemerintah, Dinkes Batubara Himbau Masyarakat Kenali Dini Virus Corona (nCov)


DN7 | Batubara - 

Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Kesehatan secara resmi menerbitkan Surat Edaran (SE) ke seluruh Puskesmas dan bidang kesehatan lainnya yang ada di Batubara untuk mewaspadai dan siap siaga dengan penyebaran virus Corona serta melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang gejala Penularan dan Pencegahan penyakit Pneumonia Novel Corona Virus (nCOV)

Menindak lanjuti surat edaran kementerian kesehatan RI No. PM.04.02/III/43/2020 tentang penyakit kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran penyakit pneumonia berat yang belum diketahui Etiology dan  surat edaran Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara Nomor 443.1/485/Dinkes/1/2020 tentang kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit pneumonia novel corona virus (nCoV)  dari Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) kota Wuhan ke Indonesia.

Melalui surat edaran nya, Pemerintah Kab.Batubara dalam hal ini, Dinkes Kab.Batubara menghimbau agar masyarakat Batubara agar meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terhadap virus Corona ataupun mengidentifikasi gejala virus Corona di setiap Puskesmas se kab. Batubara, di RSUD dan Kantor kesehatan Pelabuhan kelas 1 Medan Wilayah kerja Kuala Tanjung terkait pintu masuk Manusia dan barang agar melakukan koordinasi dan langkah-langkah pencegahan terutama ke pada perangkat desa-desa Se-Kab.Batubara yang rentan (mudah) merebaknya dari kasus penyakit pneumonia virus Corona.

Dengan demikian, Masyarakat Batubara harus dapat mengenali ataupun mengidentifikasi seseorang/suspect dengan gejala mirip pneumonia dan riwayat nya yang diantara nya korban mengalami demam tinggi hingga 38 C atau ada riwayat demam lainnya, Pasien mengalami batuk pilek dan nyeri tenggorokan, Identifikasi pneumonia ringan hingga berat berdasarkan gejala klinis menurun nya imun kekebalan tubuh.

Namun bilamana masyarakat Batubara yang terjangkit novel coronavirus agar segera dirujuk ke rumah sakit yang telah ditetapkan Pemerintah yaitu Rumah Sakit Umum Haji Adam Malik Medan

Sesuai dengan perkembangan penyakit dalam waktu 14 Hari sebelum timbul gejala dan dianjurkan agar meningkatkan kegiatan surveilans untuk segera melakukan deteksi dini agar tidak mengalami pneumonia berat terhadap penyakit virus Corona yang berkelanjutan.

Melalui Surat Edaran Dinkes Kab. Batubara juga menyarankan agar masyarakat Batubara berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Sementara itu, Dari gambaran radiologis dan meningkatkan kewaspadaan terhadap orang yang memiliki riwayat perjalanan ke Cina atau wilayah/negara yang terjangkit pneumonia virus corona, Menggunakan Masker ketika mengalami batuk / pilek, Melakukan Sosialisasi dan penyuluhan kesehatan terutama pada gejala pneumonia.

Beberapa langkah guna mengantisipasi mudahnya terjangkit virus berbahaya, Dinkes Batubara juga menganjurkan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi air minum yang cukup, makan buah buahan dan sayuran yang bersih untuk menangkal radikal bebas serta meningkatkan imunitas tubuh. (Aswat)

Editor : Sapta


Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close