Bazar Hewan Kurban Tanggamus Tahun 2020 Secara Resmi Dibuka - Diko News

Bazar Hewan Kurban Tanggamus Tahun 2020 Secara Resmi Dibuka



DN7 | Tanggamus - Pemkab Tanggamus mengadakan Bazar Hewan Kurban di Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting, Kamis (23/7/20).

Hadir dalam Kegiatan tersebut Asisten II Bidang Ekonomi, Sukisno, mewakili Bupati Hj. Dewi Handajani, Staf Ahli Bupati Firman Rani, para Kepala OPD, serta Camat dan Uspika Kecamatan Gisting.

Dalam Laporan Panitia yang disampaikan oleh Rintoko, dikatakan bahwa Asosiasi Kelompok Peternak Tanggamus (Asponak) merupakan lembaga yang mewadahi kelompok-kelompok peternak yang berlokasi di Kabupaten Tanggamus.

Menurut Rintoko, melalui Asponak sangat penting dalam membangun akses pasar dan memperluas jaringan bisnis peternak. Selain itu dapat juga sebagai ajang silaturahmi antar kelompok ternak yang ada di Kabupaten Tanggamus, maupun dari luar Kabupaten Tanggamus.

"Semua hewan kurban yang kami hadirkan adalah hewan yang sehat dan sudah dicek kesehatannya oleh Dokter Hewan dan Dinas terkait," kata Rintoko.

Rintoko juga menyampaikan  bahwa menjelang Hari Raya Idul Adha, jumlah kambing Tanggamus yang terjual mencapai 2.500 ekor. Dengan stok tersedia di para pedagang masih pada kisaran 1.000 ekor. Ia berharap dengan kondisi tersebut, Kabupaten Tanggamus memiliki pasar hewan sendiri.

Sementara Asisten II Sukisno, dalam Sambutan Bupati yang disampaikannya, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanggamus senantiasa berupayamenciptakan dan menjalankan berbagai program pembangunan yang tujuan akhirnya adalah
peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah peternak.

"Pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian khususnya, dan pembangunan nasional umumnya. Oleh karena itu marilah kita terus lanjutkan pembangunan peternakan ini, melalui peningkatan usaha diversifikasi, intensifikasi dan ekstensifikasi ternak, yang tentunya didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Sukisno.

Sukisno melanjutkan, peluang pengembangan ternak di KabupatenTanggamus sangat mendukung, karena memiliki dukungan dan potensi yang besar, yakni potensi alam dengan sumber pakan yang melimpah, baik tanaman hijau maupun hasil samping tanaman pertanian dan perkebunan, prospek pasar baik lokal, nasional maupun ekspor, serta adanya pendampingan oleh petugas teknis peternakan kecamatan dan petugas inseminator.

Sukisno juga mengapresiasi kegiatan Bazar Hewan Kurban yang dilaksanakan. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi para pelaku usaha peternakan dalam menggerakkan perekonomian.

"Dimasa Pandemi Covid-19 ini, walau daya beli masyarakat belum pulih. Namun saya menilai Bazar Hewan Kurban ini mempunyai momentum yang sangattepat dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha. Tentunya permintaan akan hewan kurban akan meningkat, dan semua ini adalah sebagai upayapromosi kita dalam meningkatkan nilai jual ternak, sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak itu sendiri," ujarnya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut dan menjadi program tahunan.

"Karena kegiatan ini dapat memotivasi peternak dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan ternak untukmengembangkan potensi lokal secara mandiri," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, diberikan juga bantuan dari Bupati Tanggamus untuk pengembangan kegiatan Asponak Tanggamus, sebesar 50 Juta Rupiah. (Rudi)

Editor : Sapta


No comments

Powered by Blogger.
close