Bupati Batubara Gelar Vidcon Dengan BI Buka Akses UMKM di Masa Era Digital - Diko News

Bupati Batubara Gelar Vidcon Dengan BI Buka Akses UMKM di Masa Era Digital



DN7 | Batubara - Dalam rangka menyongsong aktivitas ekonomi dengan sistem digital, Bupati Batu Bara Video Conference (Vidcon) dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan Pematang Siantar, peranannya untuk membentuk kesiapan masyarakat menghadapi sistem ekonomi era digital.

Vidcon tersebut, acara Webinar Bulan Inspirasi yang mengusung tema “Akses dan Pembiayaan UMKM di era Digital”, Rabu (15/07) di Aula Command Centre, Sekretariat Bupati Batu Bara.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP diwakili Asisten II, Perekonomian dan Pembangunan Drs. Sahala, MM menyampaikan salah satu langkah adalah dengan menyelenggarakan Webinar (Red.Web-Seminar) yang bersinergi Membangun Ekonomi Digital, Tahap awal, ekonomi digital yang akan dibangun bermula dari wilayah Kabupaten Batu Bara.

“Webinar, membahas terkait dengan konsep-konsep pembangunan ekonomi digital terkhusus di wilayah Pemerintah Kabupaten Batu Bara”, Kata Sahala.

Asisten II berharap sinergi untuk membangun ekonomi digital dapat terbentuk dan siap untuk diterapkan di kalangan masyarakat sebagai langkah awal dalam penerapan ekonomi digital untuk mencapai “Indonesia Maju”.

Menurut Drs Sahala MM, Walaupun dimasa pandemi Covid – 19 berdampak besar terhadap kondisi seluruh aspek kehidupan masyarakat khususnya di sektor ekonomi, perubahan sistem ekonomi pun akan terjadi, Era New Normal adalah kondisi kehidupan yang mau tidak mau harus dihadapi oleh seluruh masyarakat di semua tingkat status.

“Kalau di era pra Covid – 19 aktivitas ekonomi yang dijalankan masyarakat, transaksi ekonomi, menengah ke bawah, cenderung menggunakan sistem transaksi” Ungkap Sahala.

Ditambahkan Sahala, diera new normal, Segala aktivitas ekonomi yang dijalankan harus lebih mengarah kepada sistem ekonomi digital, yakni sistem transaksi untuk semua tingkat status masyarakat akan cenderung menggunakan sistem transaksi digital, yang mana transaksi tunai semakin lama akan hilang.

Sebagai Narasumber, perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, Hendrik sembiring mengatakan pakar/ahli (ilmuwan) yang benar – benar telah memahami/menguasai seluk – beluk konsep ekonomi digital, dari itu, bersama para perbankan dan para pelaku usaha dapat menyongsong aktivitas ekonomi dengan sistem digital melalui Peranan Bank Indonesia (BI) untuk membentuk kesiapan masyarakat menghadapi sistem ekonomi digital. (Aswat)

Editor : Sapta


No comments

Powered by Blogger.
close