Bupati Tanggamus Launching Penyerahan Bantuan Dana Operasional Posyandu



DN7 | Gisting - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani bersama Wakil Bupati Hi. AM.Syafi'i, menghadiri sekaligus launching penyerahan bantuan dana operasional dan pakaian olahraga bagi Posyandu Balita/Lansia se Kabupaten Tanggamus Tahun 2020, serta Bakti Sosial Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, yang ditempatkan di GSG Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Selasa (14/7/20).

Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya mengatakan bahwa di Kabupaten Tanggamus saat ini terdapat 1.093 Posyandu, yang terdiri dari 687 Posyandu Balita dan 406 Posyandu Lansia, serta jumlah kader sebanyak 4.888 orang.

"Dengan jumlah kader dan Posyandu sedemikian banyak ini menandakan betapa pentingnya keberadaan Posyandu di Kabupaten Tanggamus," kata Bupati.

Bupati melanjutkan, tugas dari para kader cukup berat, karena para kader harus mampu memberikan informasi atau penyuluhan dan pelayanan kesehatan berupa kecukupan gizi dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) pada sasaran Posyandu serta tugas lainnya.

"Ditambah lagi dimasa Pandemi Covid 19, maka tugas menyampaikan informasi dan sosialisasi pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan ke warga masyarakat oleh para ibu-ibu kader semakin dibutuhkan dan diharapkan," imbuh Bupati.

Bupati berharap dengan diserahkannya Dana Operasional Posyandu, maka pelayanan kepada masyarakat khususnya ibu hamil, anak balita dan lansia semakin maksimal serta dapat bermanfaat dan memotivasi kader untuk tetap aktif membantu dalam penyelenggaraan Posyandu, sehingga dapat mempertahankan upaya upaya pemberdayaan kader posyandu.

"Saya berharap juga perempuan sebagai kader Posyandu di Tanggamus bukan hanya sekedar ada, tapi harus mampu menunjukkan kapasitasnya dalam melayani dan memberikan informasi yang tepat terhadap kesehatan dan kecukupan gizi anak ibu hamil dan menyusui," ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa prevalensi stunting di beberapa Pekon di Kabupaten Tanggamus masih cukup tinggi, sehingga dibutuhkan peran semua sektor dalam penanganannya.

"Karena stunting memiliki dampak buruk yaitu selain tubuh anak yang pendek, perkembangan otak anak akan menurun sebanyak 30% dibandingkan anak yang normal, sehingga pencegahan dan penanggulangannya membutuhkan peran dari berbagai sektor secara aktif, termasuk para ibu-ibu kader PKK dan kader Posyandu," ujar Bupati.

Kemudian menyikapi Bakti Sosial yang diselenggarakan oleh TP PKK Tanggamus. Bupati mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak, khususnya TP PKK Tanggamus.

Sementara Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Baksos dilaksanakan sebagai bentuk perhatian terhadap balita stunting dan balita terdampak Covid-19.

"Dengan memberi bantuan makanan tambahan, dengan harapan balita-balita tersebut tetap mendapat asupan gizi, sehingga tetap sehat dan bisa menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas," kata Sri Nilawati.

Sri juga menambahkan dalam upaya penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Tanggamus, TP PKK Kabupaten Tanggamus bersama para kadernya, telah melakukan kegiatan sosialisasi, edukasi ke masyarakat melalui pokja-pokja PKK, sampai ketingkat pekon dan Posyandu.

"Dalam Baksos ini TP-PKK akan menyalurkan Bantuan Makanan Tambahan sebanyak 500 paket yang diprioritaskan kepada anak balita berumur 1-2 tahun (1000 Hari Pertama Kehidupan) dan balita terdampak Covid-19."

"Harapannya, kegiatan ini sebagai
stimulan bagi masyarakat untuk lebih memperhatikan asupan makanan anak balita agar terbentuk generasi yang sehat dan berkualitas," pungkasnya.

Sementara Sekretaris Pokjanal Posyandu yang juga Kepala Dinas PMD, Idham Khalid, dalam laporannya menerangkan bahwa Bantuan Dana Operasional Posyandu yang diberikan sebesar 750ribu Rupiah kepada 1.093 Posyandu, atau meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 650 ribu Rupiah. Selain itu diserahkan juga pakaian olahraga kepada 4.888 kader Posyandu se Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plh. Sekretaris Daerah Sukisno, Staf Ahli Bupati Firman Rani, Kadis Kesehatan Taufik Hidayat, Kadis Kominfo Sabaruddin, para Camat se Kabupaten Tanggamus, Uspika Kecamatan Gisting, serta Perwakilan Kader PKK dan Kader Posyandu se Kabupaten Tanggamus. (Usman)

Editor : Sapta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel