Bupati Zahir : Pers Harus Bangun Narasi Berbudaya Dalam Masa Fase New Normal Pandemi Covid-19



DN7 | Batubara - Pemerintahan Kabupaten Batu Bara bersama persatuan wartawan Indonesia (PWI) Batu Bara mengelar acara sosialisasi tentang penerapan dan adaptasi kebiasaan baru pencegahan covid-19 dan pra UKW, Kamis (6/8/2020) diaula Kantor Bupati Batu Bara.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP menyampaikan sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PWI atas kegiatan sosialisasi adaptasi kebiasa baru, sebagai perwakilan Kabupaten Batu Bara turut serta membantu penyelenggaraan acara ini.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP saat memberikan kata sambutan acara adaptasi kebiasaan baru bersama PWI Bupati Batu Bara Ir Zahir saat memberikan kata sambutan acara adaptasi kebiasaan baru bersama PWI

Zahir juga menyampaikan sesuai pidato resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di istana merdeka pada tanggal 15 mei 2020 yang lalu, bahwa Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah Covid – 19. itu keniscayaan, banyak disebut orang sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru.

“Kita semua pasti ingin kembali bisa bekerja, belajar, bersosialisasi maupun beraktivitas, agar dapat produktif di era pandemi covid-19 ini” kata Zahir.

Ditambahkan Zahir, Pada saat ini, media massa, media elektronik dalam hal pemberitaan sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan berbangsa, bernegara yang berdemokrasi.

Bahwa, media massa pers dikenal sebagai pilar keempat demokrasi, pers semakin diperlukan sebagai, pilar penegak penyampaian kebenaran, pilar penegak fakta-fakta, pilar penegak aspirasi – aspirasi yang ada di masyarakat, terlebih di zaman sekarang banyak beredar berita palsu/hoax.

Pers juga sangat diperlukan untuk membangun narasi kebudaya-an baru, membangun narasi peradaban baru, agar informasi masyarakat bergerak semakin cepat terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini.

“Beradaptasi dengan kebiasaan baru, yaitu disiplin hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan rutin mencuci tangan pakai sabun, memakai masker saat berada di luar rumah, jaga jarak dan menghindari keramaian”, ungkap Zahir.

Ketua PWI Batu Bara sampaikan laporan dalam acara sosialisasi adaptasi kebiasaan baru Sebelumnya Ketua Persatauan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Batu Bara Alpian menyampaikan terlaksana kegiatan sosialisasi tentang penerapan dan adaptasi kebiasaan baru pencegahan covid-19 dan pra UKW tidak terlepas dari dukungan Pemerintahan kabupaten Batu Bara.

Disampaikan Al pian, kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat harus terus menerus dilakukan di masyarakat dan setiap individu, sehingga bisa menjadi norma sosial dan norma individu yang baru dalam kehidupan sehari – hari, sebagai media dapat menyampaikan kepada masyarakat melalui publikasi dalam bentuk tulisan.

Dimana, pada saat ini Dewan Pers juga sudah melakukan langkah maju dengan aturan standar kompetensi wartawan yang ditampung dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

” PWI Batu Bara Apresiasi Bupati Batu Bara atas dukungannya, sehingga terlaksana UKW tahun lalu, Insyaallah, September 2020 akan dilaksanakan UKW di Batu Bara” tutur Al Pian.

PWI Batu Bara menghadirkan narasumber dari ketua PWI Sumut Hermansyah yang didampingi wakil ketua bidang pendidikan PWI Sumut Rizal R Surya

Hadir Bupati Batu Bara Zahir, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, Kajari Batu Bara Mulyadi Sajaen diwakili Kasi Intel Kajari Batu Bara Zefri Pandapotan Simamora, Kadis Kesehatan Batu Bara drg. Wahid Kgusairy, Kadis Kominfo Batu Bara Andri Rahadian, Ketua PWI Sumatera Utara H. Hermansyah serta puluhan wartawan PWI dan Non PWI dari Media cetak, online dan televisi. (Aswat)

Editor : Sapta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel