Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Sumut Musnahkan Barang Bukti Senilai Rp2,6 Miliar

FOTO : Bupati Batubara Ir Zahir MAP dan  Kapolres Batubara  AKBP Ikhwan Lubis SH MH hadiri pemusnahan Barang milik Negara (BMN).

DN7 | Medan -

 
Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Utara  (Sumut) melaksanakan pemusnahan bersama atas Barang Milik Negara (BMN) hasil penindakan Kepabeanan dan cukai yang dilaksanakan oleh petugas Bea dan Cukai yang bersinergi dengan TNI, POLRI, Kejaksaan, Pemda dan Masyarakat.
 
Pemusnahan juga di hadiri oleh Bupati Batubara Ir Zahir MAP dan  Kapolres Batubara  AKBP Ikhwan Lubis SH MH yang di gelar di Halaman Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (BC) Sumatera Utara, Kamis (03/12/2020).

Keterangan diperoleh menyebutkan,   Barang impor yang dimusnahkan tersebut terdiri dari bapres (pakaian bekas), obat, kosmetik, pestisida, sparepart motor, Air Softgun serta barang kena cukai seperti rokok ilegal dan minuman keras ilegal dengan nilai barang keseluruhan sekira Rp 2,6 miliar.

Kakanwil BC Sumut Oza Olavia menyebutkan, bahwa potensi kerugian negara karena tidak ada izin nya  Bea juga Cukai dan Pajak Dalam Rangka Impor adalah sekira Rp 2,3 miliar.  ini termasuk wilaya ketentuan beacukai di beberapa daera yang masi wilaya Beacukai Belawan sumatra utara .

“Pemusnahan barang milik negara ini merupakan hasil penindakan di wilayah kerja Kanwil BC Sumut , yakni penindakan terhadap barang impor ilegal dan penindakan terhadap barang kena cukai ilegal,” jelas Oza Olavia.

Dijelaskan Oza Olavia, pihaknya telah membangun sinergi yang baik dengan aparat penegak hukum TNI, Polri, Pemda serta masyarakat untuk terus berkomitmen melakukan penertiban terhadap barang impor ilegal, penyelundupan narkotika, prekursor, psikotropika maupun peredaran rokok dan minuman keras ilegal.

Pemusnahan barang sitaan barang milik negara tersebut dihadiri oleh Wakapoldasu Brigjen Dadang Hartanto, Bupati Batubara, Bupati Dairi dan mewakili Lantamal I, Polres Pelabuhan Belawan dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Pemusnahan barang milik negara (BMN) dilakukan dengan cara dibakar sedangkan minuman keras dengan cara pemecahan botol.

Seangkan kehadiran Bupati dan Kapolres Batu bara ke Kanwil  Bea dan Cukai Belawan Sumut  sebagai bentuk dukungan terhadap Kerja baik antara Pemkab Batu bara juga TNI - Polri Wilayah kerja kantor  BC  sumut.

Kapolres Batu bara AKBP  Ikhwan Lubis SH.MH . Menjelaskan  di samping dukungan penuh dalam sinergitas BC  dan  Polri yang ada di Batu bara kami juga berharap untuk selalu melakukan kordinasi dengan baik agar dapat bekerja dengan cepat, tandasnya

Disamping  agenda melakukan kunjungan kerja, Kapolres batu bara yang akrap dengan para awak media yang ada di seputaran Medan Utara, jadi sorotan dan bersilaturahmi di lokasi kepada para awak media.  
 
Reporter : Boim 
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel