Sejumlah Komoditas Pangan Naik Jelang Natal, Waspadai Inflasi di Akhir Tahun

FOTO : Pedagang di pasar.

DN7 | Medan -
 
Sejumlah harga kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan. Beberpa komditas yang naik diantaranya adalah telur ayam. 
 
Dimana telur ayam yang sebelumnya berada dikisaran Rp22 ribuan per kilogram (kg), saat ini dijual dikisaran Rp24.800 per kg. 
 
Daging ayam juga begitu. Sepekan lalu yang sempat paling mahal dikisaran Rp33 ribu per kg, saat ini dijual dikisaran harga 36-37 ribuan per kg.
 
Selanjutnya harga daging sapa, naik dari kisaran Rp105 ribu hingga Rp130 ribu per kg. Selanjutnya minyak goreng curah naik dari  Rp13 ribu menjadi kisaran Rp13.500 hingga 14 ribu per kg. Harga gula pasir juga demikian, naik rata-rata Rp500 per kg saat ini dikisaran Rp13.500 hingga Rp16 ribu per kg.
 
Akan tetapi, cuaca yang cukup bersahabat beberapa hari terakhir juga turut berkontribusi terhadap penurunan harga sejumlah komoditas hortikultura. 
 
Diantaranya adalah cabai merah dan cabai rawit. Cabai merah mengalami penurunan, setelah di pekan lalu sempat dijual dikisaran Rp37 ribu hingga Rp41 ribu per kg, harga cabai merah saat ini berada dikisaran Rp33 ribu hingga Rp40 ribu per kg.
 
Cabai rawit juga demikian, sempat paling mahal dikisaran Rp57 ribu per kg, saat ini paling mahal dijual di harga Rp50 ribu per kg. 
 
Bawang merah juga demikian rata-rata turun Rp2000 per kg, dikisaran Rp25 ribu per kg saat ini. Untuk bawang putih juga demikian, sebelumnya sempat Rp24 ribuan per kg, saat ini dijual dikisaran Rp22 ribuan per kg.
 
“Jadi saya berkesimpulan, sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan itu murni dikarenakan tren permintaan tinggi menjelang natal. Dan sejumlah komdoitas yang turun karena cuaca yang membaik sehingga stok mengalami pemulihan,”
 
Jadi, di bulan Desember ini, memang akan ada potensi kenaikan laju tekanan inflasi. Mungkin bisa di atas 0.3%. 
 
Meskipun ada beberapa pekan lagi hingga penutupan akhir tahun 2020. Hanya saja yang menjadi persoalan selanjutnya adalah tren konsumsi ini diperkirakan akan semakin meningkat setelah Natal hingga Tahun Baru nantinya. 
 
Reporter : Tim
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel