Header

Penomena Ikan Mabuk Dialiran Sungai Wampu, Kadis LH Langkat Menduga Akibat Belerang Gunung Sinabung

 
FOTO : Dinas LH Langkat meninjau air sungai wampu.

DN7 | Langkat -

 
Penomena ikan mabuk dan timbul disepanjang aliran Sungai Wampu Kabupaten Langkat, mulai hilir sampai hulu beberapa hari lalu, diduga kuat, akibat kucuran lahar dingin yang mengandung belerang, kiriman dari Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

"Penyebab ikan mabuk, dugaan sementara akibat kiriman belerang dari Gunung Sinabung," sebut Kadis Lingkungan Hidup Langkat, H Iskandar Tarigan, di Stabat, Jum'at (26/2/2021).

Dugaan itu, tambah Iskandar, juga diperkuat dari laporan sejumlah masyarakat kepada Dinas Lingkungan Hidup, bahwa ikan mabuk di perairan Sungai Wampu, karena belerang, meski demikian, sambung Iskandar, pihaknya juga telah mengambil sempel air Sungai Wampu, untuk diteliti dilaboratorium sucofindo Medan, pada 22 Februari 2021 lalu.

"Kita sudah ambil sempelnya, sekarang tinggal menunggu hasilnya. 14 hari kedepan, hasil uji Labnya baru di dapat, setelah hasilnya keluar, selanjutnya akan diambil langkah penanganananya, kita juga akan sampaikan, hasil Labnya kepada publik," ucapnya.

Sebelumnya, sambung Iskandar, pihak Dinas LH Langkat, juga sudah mengambil sempel air Sungai Wampu, pada 3 Desember 2020 lalu.

Dalam rangka menjalankan program Tupoksi Dinas LH, per enam bulan sekali, dan hasilnya, air Sungai Wampu memenuhi baku mutu. Maksudnya, air Sungai Wampu tidak tercemar buang bahan atau limbah dari bahan kimia, terang Iskandar menjelaskan. 
 
Reporter : Kurnia02
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel