Peringati Bulan K3 Nasional, PLN UPK Pangkalan Susu Gelar Latihan Simulasi Tanggap Darurat - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Peringati Bulan K3 Nasional, PLN UPK Pangkalan Susu Gelar Latihan Simulasi Tanggap Darurat

FOTO : Peserta pelatihan simulasi tanggap darurat di areal PLTU.

DN7 | Langkat -
 
Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2021. PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Pangkalan Susu unit 3-4, PLTU Sumatera 2, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan P Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menggelar pelatihan simulasi tanggap darurat diareal PLTU, Kamis (11/02/21).

Dengan tema "Penguatan sumber daya manusia unggul dan berbudaya K3 pada sumua sektor usaha", acara diikuti oleh staff karyawan dan alih daya beberapa instansi yang ada di PT. PLN (Persero) UPK Pangkalan Susu 3-4.

Pejabat Pelaksana K3 dan Keamanan PT.PLN UPK P.Susu unit 3-4 Frayudi Pandan mengatakan. Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran dan edukasi kepada seluruh instansi, menciptakan manusia yang handal dan trampil dengan kemampuan dalam menghadapi situasi darurat.

"Kita berharap, seluruh pegawai dan tenaga alih daya yang bekerja di PLTU 3-4, memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi kesiapsiagaan, mengambil langkah pencegahan melakukan evakuasi dan meminimalisir adanya korban jiwa saat terjadi bencana, tidak hanya dilokasi kerja namun juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat", ucap Frayudi Pandan.

Lebih lanjut dikatakannya. Dari rangkaian acara simulasi yang dibuat dalam memeriahkan bulan K3 Nasional, dihari sebelumnya juga diadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi serta competion K3 media virtual, dan perlombaan safety briefing competition serta kuis cerdas cermat.

FOTO : Manager PT PLN (Persero) UPK Pangkalan Susu unit 3-4 Trisno Hidayat saat memberi kata sambutan.

Sementara itu Manager PT.PLN (Persero) UPK Pangkalan Susu unit 3-4 Trisno Hidayat didampingi Manager KSA Arifin Alamsyah mengatakan. Dengan peringatan hari K3 ini, kita mengedukasi pekerja untuk lebih memahami pentingnya K3 demi keselamatan saat bekerja, wearnes dan sadar bahwa nyawa manusia diatas segalanya.


Ini selaras dengan sub Tema PLN "Pengetahuan budaya dan disiplin  eksekusi K3 pada kegiatan kelistrikan untuk mencapai Zero Accident yang berkelanjutan", jadi pekerja harus mematuhi dan melaksanakan prosedur K3 dengan baik.

Dirinya juga menambahkan, Pekerja juga harus mampu melakukan self defencing atau menjaga diri dan menjaga instalasi yang menjadi objek vital nasional, sebagai pertahanan dari gangguan dan tindakan  yang sifatnya membahayakan aset negara yang berada di PLN UPK Pangkalan Susu, dan itu harus dijaga oleh siapapun yang bekerja di sini', terang Trisno Hidayat.

Adapun simulasi yang digelar diantaranya:
Simulasi penanggulangan tanggap darurat bencana, simulasi penanggulangan tanggap darurat ancaman bom, simulasi evakuasi ketinggian dan water resque, simulasi pencegah pemadam kebakaran (K2), simulasi tanggap darurat P3K dan simulasi tanggap darurat huru hara.

Dimana insturuktur pelatih terdiri dari, Team Brimob Poldasu, Basarnas, Lantamal 1 Belawan, Polres Langkat, serta Damkar dan PMI Kabupaten Langkat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi antar instansi PLTU 3-4, Kita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi yang sudah membantu hingga acara ini dapat berjalan dengan sukses", tambah Frayudi Pandan. 
 
Reporter : Kurnia02
Editor : Diko
Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close