Peduli Pendidikan Ditengah Covid-19, Bupati Apresiasi Kapolres Langkat dan Jajaran

FOTO : Bupati Langkat dalam rangkaian acara penyerahan Hp kepada pelajar oleh Polres Langkat dan pemeriksaan mobil PCR

DikoNews7 -

Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga.SIK beserta jajaran, memberikan bantuan handphone (HP) kepada siswa/siswi berprestasi, yang perekonomian keluarganya kurang mampu di wilayah hukum Polsek sejajaran Polres Langkat. Senin (22/3/21)

Bantuan berupa 100 buah Hand Phone (HP), diberikan kepada para pelajar tingkat SMA sederajat, pada acara Polres Langkat peduli pendidikan ditengah pandemi covid 19.

Pembagian HP, diberikan secara simbolis kepada perwakilan pelajar penerima, oleh Bupati dan Kapolres Langkat. Pelajar didampingi orang tua, guru, Kadus/Kepling, Babinkamtipmas dan Kapolseknya. dipangan Futsal Bharadaksa Mapolres Langkat.

Acara dihadiri Bupati Langkat Terbit Rencana PA serta Pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Langkat, Ketua MUI Langkat, FKUB Langkat, perwakilan Marinir 8 Tangkahan Lagan, Kejaksaan Langkat, Pengadilan Negeri Stabat, Ketua PWI Langkat, tokoh agama dan masyarakat Langkat.

Dimana kegiatan ini mendapat apresiasi dan respon positif dari Bupati Langkat Terbit Rencana PA, atas kepedulian Polres Langkat dalam peningkatan pendidikan di Langkat ini.

“Terima kasih Kapolres Langkat dan jajaran, telah ikut serta mencerdaskan dan membantu pendidikan putra putri Langkat ditengah pendemi ini. Pemkab Langkat siap mendukung penuh semua program Polres Langkat, yang juga merupakan program dari Kapolri ini,” ucap Bupati Langkat Terbit Rencana PA mendukung kinerja Kapolres.

Selanjutnya, Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga.SIK menjelaskan, sebanyak 100 HP android gratis beserta kartu dan paket data internet, diberikan kepada pelajar SMA sederajat, kurang mampu yang berprestasi.

“Pemberian Hp ini priode kedua. Terdiri dari 9 unit diterima oleh  siswa SMA kelas X, 52 unit kepada siswa SMA kelas XI  dan  26 unit untuk siswa SMA kelas XII," ucap Kapolres.

Sebelumnya dalam program peduli pendidikan, Polres Langkat sudah memberikan 20  HP beserta kartu dan paket data internet gratis pada priode pertama, yang diberikan  kepada siswa - siswi tingkat SD,  SMP dan SMA sederajat, diwilayah hukum Polres Langkat.

“Priode pertama pada Oktober 2020 lalu, sebanyak 43 unit Hp diberikan kepada siswa SD,  52 unit Hp untuk siswa SMP  dan 25 unit Hp untuk siswa SMA," terang Kapolres.

Kemudian, Polres Langkat juga melakukan, penandatanganan  memorandum of understanding (MoU), antara Polres Langkat dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Langkat ditahun 2020. Guna meminjamkan 3.000 buku bacaan, untuk kegiatan perpustakaan keliling dengan sasaran siswa-siswi dikawasan perkebunan sampai dengan daerah pesisir.

Pelaksanaan perpustakaan keliling perkebunan, kata Kapolres, dilaksanakan oleh 12 Polsek sejajaran Polres Langkat, yang bergerak  Sat Sabhara di Polsek. Sedangkan perpustakan perairan, dilaksanakan oleh Satpolair Polres Langkat dengan sasaran para pelajar di wilayah pesisir.

Dari data yang dihimpun, sebanyak 8.520 pelajar perkebunan telah merasakan manfaat program tersebut. Sedangkan perpustakaan diperairan, ada  471 pelajar yang merasakannya. "Data ini, untuk priode  tahun 2020 lalu,” sebut Kapolres.

Sementara pada periode Januari – Maret 2021, sambung Kapolres, manfaat perpustakaan perkebunan telah dirasakan oleh 5.568 pelajar, dan perpustakaan perairan oleh 748 pelajar.

Selain itu, Polres Langkat, juga melaksanakan pengadaan wifi corner gratis. Titiknya di Mapolres Langkat dan diseluruh Mapolsek. Tujuannya, terang Kapolres, menunjang kegiatan belajar para siswa selama masa pandemi, dan program ini direspon baik oleh para pelajar dengan meningkatnya data statistik tingkat antusiasme para pelajar menggunakan fasilitas wifi corner gratis.

Tercatat sebanyak 6.101 pelajar mengunakan wifi, pada kurun waktu bulan Oktober - Desember 2020.  Sementara, untuk Januari - Maret 2021 tercatat 5.566 pelajar, yang  menggunakan layanan wifi  gratis ini.

Selanjutnya, Kapolres menjelaskan, selain untuk membantu Pemkab Langkat. Program ini sebagai wujud implementasi program prioritas Kapolri, dalam membentuk Postur Polri yang Presisi, yakni prediktif, responsibilitas dan transparansi  berkeadilan, serta didorong semangat empati atas pendidikan para generasi penerus bangsa, maka Polres Langkat mencetuskan pelaksanaan program peduli pendidikan  ditengah pandemi covid 19 ini, ujarnya.

Dihari yang sama, usai mengikuti acara pemberian Hp dan mengikuti konferensi pers pengungkapan tindak pidana narkotika oleh Polres Langkat, Bupati Langkat meninjau pelaksanaan pemeriksaan Mobil Pemeriksaan Swab PCR secara Massal, di Halaman Kantor Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.

Disini Bupati berpesan kepada masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas  Swab PCR gratis milik Pemkab Langkat, dengan kecanggihan dan tehnologinya, hasil dapat diperoleh dalam waktu 4 (empat) jam. Sedangkan Swab PCR lainnya harus menunggu hasil sampai 7 hari.

"Mari manfaatkan Swab PCR ini, untuk mendeteksi apakah masyarakat terkena covid 19 atau tidak?" ucap Bupati Langkat, sembari berpesan kepada petugas medis untuk menjaga mobil PCR ini dengan baik, mengingat keberadaanya yang sangat dibutuhkan.

Terpantau, puluhan masyarakat dengan menerapkan protokol, ikut serta melakukan uji Swab di fasilitas mobil PCR milik Dinas Kesehatan ini.
 
Reporter : Kurnia02
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel