Lewat Udara, Kakorlantas Bersama Asops Kapolri Pantau Arus Balik Lebaran dari Sumatera

Foto : Kakorlantas Irjen Istiono bersama Asops Kapolri, Irjen Imam Sugianto memantau arus balik Lebaran di Sumatera lewat udara. (Ist)

DikoNews7 -
 
Asisten Operasional Kapolri, Irjen Imam Sugianto bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Istiono dan Kepala Bagian Operasional Korlantas Kombes Rudy Antariksawan melakukan pengecekan arus balik mudik di Pelabuhan Bakauheni. 
 
Imam menjelaskan, pemantauan dari tujuh titik lokasi penyeketan terdapat 5.200 pemudik yang hendak kembali dari kampung halamannya. Para pemudik tersebut harus memiliki bukti bebas Covid-19 sebelum menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.
 
"Harapan kita mudah-mudahan masyarakat dari Sumut, Sumbar, Bengkulu, Riau dan Lampung yang menyeberang mengurus syarat, sehingga menyeberang ke Pulau Jawa sudah yakin bebas Covid," kata Imam dalam keterangan resminya, Rabu (19/5/2021).
 
Menurut Imam, saat dikalukan tes antigen secara acak, ditemukan 67 orang yang reaktif Covid-19. Dia pun berharap hingga puncak arus balik lebaran akhir pekan ini jumlah pemudik yang reaktif Covid-19 semakin berkurang.
 
Lebih lanjut dia mengungkapkan, untuk kondisi di jalur darat Tol Trans Sumatera memang masih terbilang ramai hingga H+6 lebaran. Personel Polda Lampung pun memprediksi masih akan ada ribuan pemudik yang akan menyeberang di Pelabuhan Bakauheni.

"Jadi kita pecah konsentrasi di wilayah Lampung, di titik-titik yang tadi kita pantau ada 300 orang kita layani dulu. Kemudian kalau sudah selesai di sana kita alirkan," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, sekitar 400 ribu pemudik sudah menyeberang di Pelabuhan Bakauheni. Polri memang memprediksi akan terjadi puncak arus balik kedua pada 21 dan 22 Mei 2021.
 
Editor : Diko

 
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel