Header

Dinas Perikanan Laksanakan Komitmen Bupati Batu Bara Untuk Perlindungan Nelayan Kecil

Foto : Azmi, Kabid Pengendalian Usaha Perikanan dan Penyelenggaraan TPI.

DikoNews7 -

Upaya perlindungan nelayan melalui penyediaan Premi Asuransi Nelayan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Batu Bara Tahun Anggaran (TA) 2020 telah di realisasikan kepada 1.200 nelayan yang tersebar di tujuh (7) kecamatan pesisir dengan rincian : kecamatan Medang Deras 195 orang, Sei Suka 10 orang, Lima Puluh Pesisir 79 orang, Talawi 125 orang, dan Nibung Hangus 101 orang.

Pemberian Premi Asuransi kepada nelayan merupakan salah satu upaya perlindungan nelayan yang merupakan wujud nyata dari komitmen Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP yang terus berupaya mengurangi beban para nelayan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara Anton Ritonga SP melalui Azmi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Usaha Perikanan Dan Penyelenggaraan Tempat Pelelangan Ikan di ruang kerjanya, Rabu (16/06/2021).

Sebelumnya, Asuransi Nelayan juga sudah tersebar kepada sejumlah nelayan di kabupaten Batu Bara yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Sumatera Utara. Namun, jumlahnya masih belum mampu mengakomodir seluruh nelayan yang membutuhkan.

Sehingga dengan penyediaan Premi dari APBD kabupaten Batu Bara jumlah nelayan yang di asuransikan dapat lebih besar lagi, sebut Azmi.

Lanjut Azmi, saat ini sudah ada tiga (3) perwakilan keluarga nelayan yang mengajukan permohonan klaim atas pertanggungan asuransi yang disediakan Perusahaan Asuransi Mitra satu (1) orang dari Desa Tali Air Permai kecamatan Nibung Hangus untuk klaim pengobatan, satu (1) orang dari Desa Pahlawan kecamatan Tanjung Tiram untuk klaim meninggal dunia, dan satu (1) orang dari Desa Kuala Indah kecamatan Sei Suka untuk klaim meninggal dunia.

“Untuk klaim dari Desa Tali Air Permai telah dicairkan dengan nilai Rp. 4.773.000 sebagai pengganti biaya pengobatan, sedangkan untuk klaim meninggal dunia sedang menunggu proses pencairan, “ ungkap Azmi.

Jelasnya, untuk TA 2021 Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara telah menyediakan Premi Asuransi Nelayan untuk 4.000 lebih nelayan, yang nantinya akan disalurkan kepada nelayan yang berhak di kabupaten Batu Bara.

Tambah Azmi, Kepala Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara Anton Ritonga. SP menyampaikan, bahwa program penyediaan Premi Asuransi Nelayan ini merupakan bentuk kesiapanDinas Perikanan dalam menterjemahkan dan menginplementasikankepedulian Bupati Batu Bara Ir Zahir  terhadap perlindungan atas resiko kerja para nelayan kecil.

“Semoga melalui Program ini, kedepannya para pemilik usaha perikanan tangkap yang mempekerjakan para nelayan juga dapat ikut serta memberikan perlindungan kepada para nelayan dengan menyediakan Premi lanjutan secara terus menerus,“ harap Azmi Kabid Pengendalian Usaha Perikanan dan Penyelenggaraan Tempat Pelelangan Ikan.

Reporter : Erwin

Editor : Diko

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel