Dinilai Tim Pemprovsu, Kelurahan Sei Bilah Diharapkan Raih Hasil Terbaik

Foto : Tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/Kota terbaik Provsu berkunjung ke Kelurahan Sei Bilah

DikoNews7 -

Tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/Kota terbaik Provinsi Sumatera Utara berkunjung ke Kabupaten Langkat, dalam rangka menilai Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat Tahun 2021, Senin (14/6/21).

Kedatangan tim rombongan dipimpin langsung oleh Kadis PMD Pemprovsu H. Aspan Sofian selaku ketua tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/Kota terbaik Pemprovsu, dan disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wabup Langkat H.Syah Afandin, di Rumah Dinas Bupati Langkat, Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Selanjutnya, rombongan langsung menuju Kecamatan Sei Lepan, guna melaksanakan penilaian lomba kepada Kelurahan Sei Bilah. Dimana giat penilaian ini dipusatkan di halaman Kantor Kelurahan Sei Bilah.

Dalam kesempatan ini, Kadis PMD Pemprovsu H. Aspan Sofian menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi. Ia mengatakan, penilaian ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dari hasil yang dicapai oleh masing masing Kelurahan peserta lomba.

"Penilaian ini dalam rangka memberikan motivasi dan mendorong pembangunan sekaligus pengembangan serta memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian Kelurahan," jelasnya.

Pelaksanaan penilaian, sambung Aspan, dilakukan setiap tahunnya secara rutin, sesuai Permendagri No.81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa/Kelurahan. Jadi salah satu dokumen yang wajib dipersiapkan bagi peserta dalam penilaian, adalah rencana pembangunan jangka menengah atau dokumen perencanaan lainnya.

"Semoga dengan dilaksanakan penilaian Desa/Kelurahan ini, efektivitas penyelenggaraan pembangunan Kelurahan Sei Bilah semakin meningkat," ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Langkat H.Syah Afandin, dalam kata sambutannya, mengucapkan selamat datang. Serta berharap kedatangan tim penilaian Pemprovsu memberikan semangat Kelurahan Sei Bilah untuk meningkatkan pembangunan diwilayahnya.

"Semoga semangat, hingga meraih hasil terbaik yang mengharumkan nama Langkat ditingkat Sumut sampai Nasional," ucap H.Syah Afandin berharap.

Senada, Asisten I Pemerintah Basrah Pardomuan, yang hadir mendampingi Wabup menambahkan, kehadiran tim penilai sangat memberikan makna, khususnya terkait upaya meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat Kelurahan.

Ia juga menjelaskan, keberhasilan yang diraih kelurahan Sei Bilah hingga masuk ke tingkat Provinsi mewakili Langkat.  Berkat kerjasama semua pihak dan elemen masyarakat khususnya Kelurahan Sei Bilah.

Kerjasama mulai dari pembangunan, sarana dan prasarana baik pendidikan, kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi Kelurahan. Sebab itu, tidaklah berlebihan jika berharap Kelurahan Sei Bilah, nantinya mampu meraih predikat terbaik di penilaian lomba Kelurahan tingkat Provsu, ucapnya.

Selanjutnya, Lurah Sei Bilah Evi Diana Rika, mengatakan, ada beberapa indikator penting dari Kelurahan Sei Bilah sehingga mendapat predikat terbaik dalam lomba Kelurahan tingkat Langkat dan masuk nominasi di tingkat Provsu.

Indikator tersebut, inovasi dalam keberhasilan Program Kotaku. Stabilitas keamanan dan ketertiban yang ditandai dengan berkurangnya konflik diantara masyarakat, serta berkurangnya tindak kejahatan yang terjadi, dan ini terbukti dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam pengamanan diwilayahnya masing masing, jelas Lurah Sei Bilah Evi Diana Rika AMd.

Sementara itu, warga Sei Bilah berharap, predikat kelurahan terbaik tidak hanya sebuah semboyan dan ambisi pencitraan, namun harus difokuskan dengan kerja nyata dan peningkatan pelayanan menuju masyarakat sejahtera.

"Semoga apa yang diharapkan tercapai, namun harus lebih difokuskan dalam peningkatan kinerja dan pelayanan publik, ekonomi sosial, kemiskinan, kebersihan, kelestarian lingkungan, dan masalah lainnya seperti narkoba," ucap Budi salah seorang warga.

Turut hadir dalam acara ini, tim penilaian desa dan kelurahan Pemprovsu, para pejabat Pemkab Langkat, forkopimcam Sei Lepan, aparatur Kelurahan Sei Bilah dan para undangan lainnya. 

Reporter : Kurnia02

Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel