Kelola Limbah, Mas Untung Membawa Keberuntungan Bagi Masyarakat

Foto : AKBP Ikhwan bersama Mas Untung

DikoNews7 -

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengunjungi lokasi pengolahan limbah milik Untung (35) yang membawa keberuntungan bagi masyarakat di Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Rabu (15/9/2021).

Diketahui Untung adalah seorang peternak yang sangat menginspirasi masyarakat di wilayah tersebut. Untung mencoba mengelola limbah sampah organik melakukan uji coba pembuatan Pelet dari sampah yang membusuk dan di jadikan Pakan untuk ternak Bebek dan Lele ternyata membuatnya berhasil memangkas biaya pakan ternaknya hingga lebih dari 50% biaya ongkos yang di keluarkanya.

Pasalnya limbah organik yang ia jadikan makanan Ulat yang disebut Maggo dengan produksi campuran dedak padi menjadikannya keberuntungan yang berlipat. 

Dijelaskan Untung, awalnya dia melihat tumpukan sampah yang membusuk dan sangat bau di setiap jalan yang ada di seputaran pasar tradisionil milik warga di daerahnya. Lalu dia melihat Ulat Maggo yang di makan ternak unggas warga.

Selanjutnya, dia mencoba membudidayakan Ulat Maggo tersebut menjadi banyak dengan memelihara Lalat biasa di sebut masyarakat lalat tentara hitam. Tenyata sangat gampang dan membuahkan hasil positif, perkembangan ulat Maggo sangat cepat  dengan hasil panen pakan untuk ikan dan unggas ini.

Dalam 20 hari  kita sudah bisa memanen  Ulat Maggo untuk pakan Ikan Lele, Gurami, Mas, khususnya air tawar  sangatlah baik, protein dari ulat tersebut membuat hasil panen sangat cepat, dua bulan ikan yang kita ternak sudah dapat di panen sekitar 8 Ekor per Kilo Gram nya.

Menurut saya, langkah seperti ini sangat baik untuk di kembangkan kepada masyarakat agar dapat menambah hasil perekonomian di masa Pandemi Covid-19 ini.

Modal utama adalah bibit dan tempat (kolam), kalau dahulu yang kita takut kan adalah pakan, saat ini pakan untuk Ikan dan Unggas tidak usah di kawatirkan karena tanpa modal apa pun kita sudah bisa menciptakan pakan dari limbah yang ada di sekitar kita. Seperti dedaunan, sayuran busuk maupun pelepah pisang dan banyak lagi sampah organik yang kita bisa jadikan Pakan. 

Ini semua dilakukan untuk masyarakat Indonesia agar tak ada lagi pengangguran di wilayah kita, dan dapat mendatangkan keuntungan besar bagi masyarakat.

Untung juga mengatakan kalau dirinya akan bergabung bersama Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) dalam mengedukasi para anak yatim dan Piatu serta masyarakat di Kampung Sedekah yang di dirikan Ksj di Desa Petatal yang kemarin di resmikan Gubernur Sumut.

"Saya akan menjadikan Motivator dalam Mengedukasi masyarakat Kampung Sedekah yang di bina langsung Bapak Kapolres Batubara AKBP Ikhwan SH MH, ungkapnya.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan dalam kunjungannya itu mengatakan ini sangat baik untuk kita ikuti. Dimana masa Pandemi Covid-19 ada sosok pemuda menginspirasi dan bisa membuka peluang kerja kepada seluruh masyarakat serta usaha masyarakat mandiri.

Kalau saja masyarakat banyak yang melakukan seperti Untung ini, dapat di pastikan Kamtibmas yang ada di seluruh daerah akan menjadi sangat aman,  pastinya tak  banyak lagi pengangguran  dan masyarakat akan sejahtera dengan melakukan usaha mandiri juga dapat mempekerjakan masyarakat.

Seperti Mas Untung yang membawa keberuntungan kepada masyarakat. Nantinya akan tumbuh untung-untung yang sukses seperti mas Untung yang saya ketahui memiliki 20 karyawan kerja dengan memproduksi Pakan ternak Ikan dan Unggas.

Saya akan mendukung penuh masyarakat dalam menciptakan kesejahteraan pada masa sesulit ini, dan saya siap menjadi pembina di Kab Batubara untuk masyarakat yang ingin melakukan hal yang sama seperti mas Untung, ujarnya.

Reporter : Boim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel