Tinjau Vaksinasi Door To Door di Deli Serdang, Jokowi : Bentuk Pelayanan ke Masyarakat

Foto : Jokowi, pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah merupakan bentuk pelayanan untuk mengajak masyarakat

DikoNews7 -

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal door-to-door (dari pintu ke pintu) di Dusun Amal Bhakti, Desa Emplasmen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

"Hari ini kita lakukan vaksinasi dari pintu ke pintu untuk masyarakat, untuk memastikan distribusi dan percepatan vaksin berjalan di seluruh provinsi, kabupaten dan kota, di tanah air kita," kata Jokowi, di sela-sela peninjauan, Kamis (16/9/2021).

Disebutkan Jokowi, pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah merupakan bentuk pelayanan untuk mengajak masyarakat, dengan harapan langkah ini akan mempercepat vaksinasi. Sebelumnya telah dilakukan oleh Rumah Sakit, Pemda, TNI/Polri, Puskesmas, dan semua pihak.

"Kita ingin menyisir agar seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan kita segera bisa terhindar dari penyebaran Covid-19," sebut Jokowi didampingi Sumut, Edy Rahmayadi.

Jokowi menuturkan, vaksinasi dari rumah ke rumah ini juga akan sangat memudahkan masyarakat mengakses vaksin. Karena tingginya antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin, sehingga pemerintah turun ke dusun-dusun.

"Ini (vaksin) akan memberikan perlindungan kepada masyarakat, sehingga nantinya masyarakat segera bisa beraktivitas, secara normal," tambahnya.

Presiden menyebut, faktor kunci mencegah penularan Covid-19 adalah protokol kesehatan (prokes) serta vaksinasi. Karena itu dirinya mengajak masyarakat untuk terus taat, serta bisa segera menerima vaksin.

"Saya sangat menghargai antusias masyarakat di Deli Serdang ini yang ikut vaksinasi door to door. Kita harapkan akan mempercepat dan memperbanyak persentase vaksinasi yang ada di provinsi Sumatera Utara," pungkasnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menyampaikan kunjungan Presiden Jokowi ke Deli Serdang merupakan bentuk dukungan penuh Pemerintah Pusat kepada daerah, dalam rangka memaksimalkan dan mempercepat upaya vaksinasi kepada masyarakat.

"Kita (sampaikan) terima kasih kepada Bapak Joko Widodo sudah datang ke Sumatera Utara. Dengan perhatian ini, kita harapkan vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan selama ini, bisa semakin banyak jumlahnya, sesuai target setidaknya 70 persen dari jumlah penduduk," ujar Edy.

Menurut Gubernur Edy, peninjauan tersebut juga bisa menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat agar mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah dalam menangani pandemi. Dengan begitu, angka penularan dapat terus ditekan serta melahirkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Mari sama-sama kita doakan Sumatera Utara, Indonesia keluar dari kondisi pandemi Covid-19," pungkas Edy.

Adapun warga yang diberi vaksin di depan rumahnya yakni Abdilul Rakim (68), Mindy Dwi Pramita (27), Karsian (56), Paimun (62), Surianto (45), M Amsari (39) dan Solehan (55). Mereka adalah warga Dusun I, Desa Emplasmen, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel