Benteng Penahan Air di Kabupaten Labura Jebol, Banjir Terjang Pemukiman Warga

Foto : Warga antar anak sekolah melewati jembatan darurat.

DikoNews7 -

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Labuhanbatu Utara, mengakibatkan Sungai Kualuh tidak dapat menampung debit air sehingga membuat benteng penahan air sungai jebol, Senin, (15/11/2021).

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, tanggul yang jebol berada di dua titik di
Dusun Pangomoan dan Dusun Kilang Samin Desa Sialang Taji. Ketinggian air akibat tanggul jebol tersebut sekitar 1 meter hingga mencapai 1,5 meter sedangkan rumah yang terdampak  banjir di perkirakan ratusan rumah termasuk rumah ibadah.

Selain banjir yang menggenangi perumahan warga di dua Kecamatan yakni Kecamatan Kualuh Selatan dan Kualuh Hulu, banjir juga menggenangi lahan perkebunan milik warga yang diperkirakan ratusan hektar.

Foto : Jembatan darurat.

Demi memperlancar mobilitas warga Desa Sialang Taji yang dibantu pemerintahan desa berinisiatif membuat jembatan darurat seadanya yang berbahan kayu dan pohon pinang, dibuat dengan lebar 1,5 meter dengan panjang 15 meter.

Saat di jumpai awak media, Bernandis Butar-Butar (30) mengatakan, "Banjir mulai datang sekira pukul 05.00 wib, secara tiba-tiba sehingga membuat tanggul penahan air jebol di dua titik, yakni di dusun pangomoan dan dusun kilang samin Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan.

Pembuatan jembatan darurat ini diharapkan bisa digunakan masyarakat, agar bisa dilewati kendaraan bermotor roda dua, dikarenakan jalan ini termasuk jantung perekonomian masyarakat dan juga akses jalan yang cepat menuju ibu kota Kabupaten Labuhanbatu Utara, jembatan darurat ini menghubungkan Dusun Kuta Baru ke Dusun Pangomoan Desa Sialang Taji Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara Sumatera Utara.

Saat ini banjir masih bertahan dan sebagian warga sudah mengungsi ketempat sanak saudara yang rumahnya lebih tinggi menunggu banjir mulai surut, sedangkan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Reporter : SS/OT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel