Header

Jokowi Resmi Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Foto : Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI.

DikoNews7 -

Presiden Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Andika Perkasa dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106 tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Keppres dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono.

"Memberhentikan dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto dari jabatan Panglima TNI disertai ucapan terima kasih dan pengabdian jasa yang telah disumbangkan kepada bangsa RI selama memangku jabatan tersebut," kata Sekretaris Militer Presiden membaca salinan Keppres.

"Mengangkat Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Keppres mulai berlaku sejak pelantikan pejabat," sambung dia.

Jokowi lalu memimbing Andika Perkasa mengucapkan sumpah jabatan Panglima TNI. Dia berjanji akan dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerka sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya akan menjunjun tinggi sumpah prajurit," ucap Andika.

Pelantikan dihadiri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, serta Ibu Negara Iriana Jokowi. Sejumlah menteri dan pejabat negara juga tampak menghadiri pelantikan tersebut.

Mulai dari, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ada pula Ketua DPR RI Puan Maharani dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengajukan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Andika Perkasa telah menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu 6 November 2021 bersama Komisi I DPR RI.

Komisi I DPR RI pun menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI usai mendengarkan pemaparan dan tanya jawab. DPR juga telah menggelar Rapat Paripurna DPR RI yang mensahkan Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

Sebagai informasi, Andika tercatat pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) saat Jokowi baru saja dilantik sebagai Presiden RI pada 2014. Tak hanya itu, sejumlah jabatan strategis lainnya di TNI AD juga pernah diemban menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono itu.

Mulai dari, Panglima Kodam Teritorial, Komandan Panglima Divisi Tempur Kostrad, Komandan Kodiklat TNI AD, dan Panglima Komando Cadangan Strategis AD (Pangkostrad), yang merupakan sebuah jabatan yang bergengsi di lingkungan Angkatan Darat.

Pada November 2018, Andika dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Dia menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang saat itu akan pensiun pada bulan Januari 2019. Selang tiga tahun kemudian, Andika pun dilantik sebagai Panglima TNI. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel