Ratusan Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara Jalani Tes Urine

 

Foto : Tes urine di ikuti 149 bagi tenaga pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Batu Bara.

DikoNews7 -

Ratusan guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, menjalani tes urine di UPTD SMPN 1 Datuk Lima Puluh, Kamis (02/12/2021). Tes urine ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika oleh para tenaga pendidik.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batu Bara AKBP Zainuddin SAg SH MH mengatakan, kita telah melakukan kerjasama dengan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Batu Bara.

Hari ini sudah 149 tenaga pendidik untuk dilakukan tes urine, kurang lebih 130, tetapi di antara itu ada satu, tapi setelah di Asesmen mereka menggunakan Denso. Denso ini adalah jenis obat-obatan tetapi tidak termasuk dalam jenis narkotika.

“Jadi pelaksanaan tes urine ini adalah salah satu strategi pencegahan dan ini kerjasama dengan Disdik kabupaten Batu Bara. Kita apresiasi kepada Bupati Batu Bara Zahir terutama kepada Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus turut melaksanakan Inpres 02 Tahun 2020 tentang pencegahan narkoba“, ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus menyampaikan, hari kedua kegiatan deteksi dini penyalahgunaan narkoba melalui tes urine bagi tenaga pendidik di lingkungan Disdik Batu Bara bekerja sama dengan BNNK Batu Bara, Alhamdulillah berjalan dengan baik.

Sekali lagi saya katakan, kegiatan ini bukan semata-semata mencari talangan, kita hanya ingin memberikan bantuan atau deteksi dini kepada kawan-kawan guru kabupaten Batu Bara. Dan ini terus kita lakukan. Insyah Allah mudah -mudahan di tahun 2022 tidak hanya guru tetapi siswa-siswa pun juga akan kita lakukan untuk mengikuti tes urine atau deteksi dini, sebut Kadisdik Ilyas.

Tujuan dan dampak dari kegiatan ini terhadap guru, yang pasti sudah bisa perepentif pencegahan untuk penyalahgunaan obat dan narkotika ini seperti apa yang telah di sampaikan Kepala BNNK Batu Bara tadi tentang penguatan terhadap Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang BG4N, papar Ilyas.

“Mudah-mudahan di kabupaten Batu Bara sebagai mana harapan Bupati Batu Bara Zahir ini terus kita lakukan bukan hanya kepada guru tetapi juga kepada anak-anak dan Pak Bupati Zahir jugakepada Aparatur Sipil Negara (ASN),“ ujar Ilyas.

Jika nanti  ada di  temukan tenaga pendidik yang positif mengkonsumsi narkoba seperti apa nanti, kami sudah ada kesepahaman dengan BNNK Batu Bara bahwa tidak ada hukumannya yang bersifat pemecatan tetapi hanya pembinaan dan hukuman disiplin dan akan diasesemenuntuk guru-guru yang di katakan positif,jelas Kadisdik Ilyas.

Sementara itu K3S Kecamatan Nibung Hangus M Syukur mengatakan, kita sungguh menanggapi dengan positif karena betapa bahayanya narkoba, terlebih-lebih untuk generasi penerus betapa hancurnya mereka seperti apa yang kita lihat sekarang ini.

“Kalau sempat mereka terindikasi penyalahgunaan narkoba, dan kami sangat mendukung kalau untuk langkah awal ini dengan deteksi dini tes urine bagi tenaga pendidik,“ ungkap K3S Nibung Hangus.

Harapan kedepannya, kegiatan tes urine bagi tenaga pendidik bisa lebih di tindak lanjuti sehingga benar-benar nanti dalam deteksi dini penyalahgunaan pemakaian narkoba benar-benar bisa di hilangkan khususnya di kecamatan Nibung Hangus.

Hari kedua kegiatan deteksi dini penyalahgunaan narkoba melalui tes urine bagi tenaga pendidik di lingkungan Disdik Batu Bara berjumlah 149 orang yang di ikuti empat kecamatan di jajaran UPTD SDN dan UPTD SMPN yakni Kecamatan Talawi, Tanjung Tiram, Nibung Hangus dan Kecamatan Datuk Lima Puluh.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel