Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama di Sumut Resmi Beroperasi

Foto : Wali Kota Medan, Bobby Nasution meresmian SPKLU Pertama di Sumut.

DikoNews7 -

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Sumatera Utara (Sumut) resmi beroperasi mulai Kamis (9/12/2021). SPKLU ini berada di halaman Kantor PLN ULP Medan Kota, Jalan Listrik, Kota Medan.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meresmikan SPKLU pertama di Sumut. Bahkan Bobby berkesempatan menjajal salah satu mobil listrik yanga ada di sana.

"Ini hal baru, pertama di Sumut, dan di Kota Medan telah ada SPKLU. Ini sebuah terobosan baru di Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia," kata Bobby.

Bobby berharap agar kemajuan zaman diiringi dengan upaya melestarikan lingkungan. Dengan mendukung program mobil listrik adalah salah satu upaya menjaga lingkungan dari emisi.

"Beralih ke tenaga listrik, baik untuk lingkungan. Karena tak ada emisi gas buang, bahan bakar bisa diperbarui, jadi mobil atau kendaraan listrik ini banyak dampak positifnya," lanjut Menantu Presiden Jokowi.

Ke depan, Bobby juga mendukung agar SPKLU lebih banyak lagi dibangun di Kota Medan. Bahkan keterangan dari pihak PLN, satu unit SPKLU juga akan didirikan di Balai Kota Medan.

"Mau di pasang juga di Kantor Pemko Medan katanya. Ini mancing nampaknya, agar kita pakai kendaraan listrik juga. Memang perkembangan era hari ini bisa jaga lingkungan dengan penggunaan kendaraan listrik semakin luas," sebut Bobby.

Sementara General Manager PLN UIW Sumut, Pandapotan Manurung menyebutkan, pihaknya menyambut baik program pemerintah dalam penggunaan kendaraan dengan energi ramah lingkungan secara masif.

Untuk mendukung ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) diwujudkan dengan terus menambah SPKLU di berbagai daerah

"Kami akan segera mengoperasikan beberapa SPKLU di lokasi strategis lainnya. PLN membuka peluang bisnis bagi yang berminat untuk berkolaborasi dengan penyediaan SPKLU, karena PLN sudah menyediakan skemanya," sebut Pandapotan.

Untuk mempermudah investor, PLN juga telah meluncurkan website khusus untuk layanan kemitraan penyediaan SPKLU. Website ini ditujukan untuk memfasilitasi pihak ketiga yang ingin membangun SPKLU. 

PLN juga sudah mengembangkan platform Charge.IN yang terintegrasi dengan superapps PLN Mobile untuk memberikan kemudahan kepada pengguna kendaraan listrik dalam memonitor lokasi SPKLU yang terdekat dan aktif.

"Juga soal riwayat pembelian listrik pada saat pengisian, riwayat penggunaan listrik pada kendaraan, dan memulai proses pengisian," Pandapotan menandaskan. (*)

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel