Kadisdik Batu Bara Ilyas Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Siswa Sekolah Dasar

Foto : Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus meninjau pelaksanaan Vaksinasi anak. (Erwin)

DikoNews7 -

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus, meninjau pelaksanaan Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di UPT SDN 01 Labuhan Ruku, kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara, Senin (07/03/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Kesehatan drg Wahid Khusyairi,  Kabid Dikdas, Basrah, Ketua K3S Talawi, Naek Panghiutan Nainggolan, Kepala Puskesmas Labuhan Ruku, dr Sarbaini, Camat Talawi, Efendi,Kapolsek Labuhan Ruku, AKP Ir J Sijabat, Anggota Babinsa Koramil 04 Talawi, serta jajaran Ka UPT SDN se kecamatan Talawi 

Selama proses Vaksinasi anak di haruskan menyertai orang tua tiap dalam pelaksanaannya. Di mana peran orang tua dan petugas di harapkan mampu melakukan pendekatan kepada anak, sehingga mengurangi rasa ketakutan akan untuk melaksanakan Vaksinasi.

Selanjutnya Vaksinasi anak akan terus di lakukan di masing – masing sekolah di kabupaten Batu Bara. Terlihat, para siswa yang mengikuti Vaksinasi ini memperlihatkan ekspresi, ada yang senang dan ada yang cemas karena takut dengan jarum suntik.

Kadisdik kabupaten Batu Bara Ilyas dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP tanggal 04 Maret 2022, artinya baru beberapa hari yang lalu. Pelaksanaan tentang Vaksinasi secara massal untuk semua jajaran OPD di kabupaten Batu Bara.

“Oleh karena itu kegiatan ini merupakan Percepatan Vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun dan usia 12-17 tahun di lingkungan Dinas Pendidikan kabupaten Batu Bara untuk dosis satu, dosis dua dan juga booster,“ ujar Ilyas.

Nah, untuk itu mari kita sama-sama mensosialisasikan kegiatan ini dengan meyakinkan kepada anak didik kita, orang tua siswa dan termasuk di lingkungan tempat tinggal kita, bahwa Vaksinasi ini merupakan pekerjaan yang baik, tidak ada niat untuk mencederaiatau menyakiti tetapi untuk melindungi masyarakat terhadap penyebaran wabah COVID-19, beber Kadisdik Batu Bata Ilyas.

Pada kesempatan ini Bupati Batu Bara, Zahir melalui Ilyas menyampaikan, bagi anak-anak kita yang belum mengikuti Vaksinasi, kita akan memberikan bantuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), jadi itu di ingat oleh kawan-kawan UPT SDN.

Ya, artinya mari kita himbau anak didik kita melalui bagaimana pendekatan kepada orang tua siswa agar semua anak didik kita usia 6-11 tahun kemudian 12-17 tahun dapat mengikuti kegiatan Vaksinasi ini secara teratur, begitu juga bagi guru-gurunya, beber Ilyas.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana kabupaten Batu Bara drg Wahid Khusyairi MM mengatakan, Program Vaksinasi merupakan program yang sedang digiatkan oleh Pemerintah dari mulai Pusat sampai ke daerah, ini bukan untuk kepentingan Bapak Presiden, Gubernur, Bupati, Kadisdik dan Kadinkes, tapi gencarnya Vaksinasi ini di lakukan untuk dalam rangka melindungi masyarakat kita dari wabah COVID-19.

Yang varian ini menularnya untuk kabupaten Batu Bara, walaupun memang jenis varian ini sedikit ringan tapi merupakan gelombang ke tiga dari pada Pandemi COVID-19 ini tidak akan berhenti mungkin 100 atau 200 tahun lagi.

“Jadi tujuan dari Vaksinasi ini adalah untuk melindungi masyarakat kita, keluarga kita dari Wabah Virus COVID-19 ini. Pesan Bapak Presiden ada dua yang pertama Vaksinasi dan kedua secara Protokol Kesehatan (Prokes), lindungi diri anda, serta senantiasa memakai masker, hindari kerumunan dan jaga jarak,“ ucapnya.

Perlu saya sampaikan, sebenarnya Vaksinasi anak untuk usia 6-11 dosis satu sudah mencapai 94% siap, tapi ketika mau dosis dua mandek, baru mencapai 54 %.

“Harapan dan dukungan dari Dinas Pendidikan, para guru, dan orang tua murid membantu Pemerintah kabupaten Batu Bara dalam pencapaian target Vaksinasi tersebut,“ ungkap Wahid.

Disamping itu drg Wahid menambahkan, Minggu lalu kita berhasil melaksanakan Vaksinasi di pemberian bantuan sosial dan selama seminggu itu kita sudah memvaksinasi 31 ribu lebih masyarakat kabupaten Batu Bara yang menerima Bansos.

Reporter : Erwin


 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel