Staf Khusus Bupati Batu Bara Pimpin Rapat dan Kunjungan Lapangan

Foto : Rapat dan kunjungan lapangan di pimpin staf khusus Bupati Batu Bara. (Erwin)

DikoNews7 -

Untuk meningkatkan produktifitas sumber daya alam khususnya bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pariwisata, Staf Khusus Bupati Batu Bara  Muhammad M Banapon, memimpin Rapat Kerja dengan berbagai OPD di Aula Kantor Camat Air Putih, Rabu (23/03/2022). 

Rapat tersebut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Dinas Ketenagakerjaan, Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerperindag), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM),  Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) serta Camat Air Putih. 

Dalam pertemuan tersebut telah dibahas beberapa topik terkait hilirisasi sumber daya alam di Kabupaten Batu Bara, antara lain;

1. Optimalisasi produksi untuk pengolahan dan pemasaran cabai merah Kabupaten Batu Bara.

2. Produksi, pengolahan dan pemasaran ikan teri dengan merek ikan teri Batu Bara.

 3. Produktifitas, kemasan dan pemasaran produk UMKM Batu Bara. 

4. Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir.

5. Pemberdayagunaan sarana pariwisata dan olah raga.

6. Pembangunan televisi digital oleh Diskominfo Kab. Batu Bara.

Setelah itu dilakukan kunjungan ke lapangan dengan titik fokus pada lahan Indeks Pertanaman (IP) Padi 400 di Kecamatan Air Putih. 

IP Padi 400, merupakan pola tanam untuk meningkatkan produksi padi nasional tanpa memerlukan tambahan fasilitas irigasi dan pembukaan lahan baru. Ini juga  merupakan sistem pola tanam dengan 4 kali tanam padi secara berturut turut dalam satu siklus 12 bulan kalender. 

Pola ini akan dicoba penerapannya pada daerah-daerah lain yang ada di Kabupaten Batu Bara. Dengan diterapkan pola ini maka akan meningkatkan kesejahteraan para petani di Batu Bara.

Topik lain yang dibahas dalam kegiatan tersebut adalah agar seluruh kegiatan Pemerintah Kabupaten Batu Bara diekspos oleh masing-masing OPD pada website serta media sosial masing-masing. 

"Diskominfo akan membantu dan mendukung seluruh sistem informasi di Kabupaten Batu Bara agar berjalan dengan baik, agar Kabupaten Batu Bara menjadi Kabupaten dengan penerapan sistem digital dalam pelayanan umum", ucap Kadiskominfo, Edwin Aldrin Sitorus. 

Pelayanan aparatur pemerintah dalam meningkatkan kualitas sarana prasarana pendukung pertumbuhan perindustrian dan perekonomian masyarakat, sejalan dengan visi Bupati Zahir untuk menjadikan masyarakat Kabupaten Baru Bara masyarakat industri yang sejahtera, mandiri dan berbudaya.

Reporter : Erwin

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel