Miliki Komitmen Penetapan Situs Benteng Putri Hijau, Bupati Deli Serdang Diganjar Penghargaan

Foto : Gubsu H Edy Rahmayadi (kiri), Wabup Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar (kanan).

DikoNews7-

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan mendapat piagam penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) atas peran dan komitmennya dalam Penetapan Situs Benteng Putri Hijau di Dusun I, Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (6/8/2022). 

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Edy Rahmayadi kepada Bupati diwakili Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar di Festival Pancur Gading di Dusun I, Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe.

Pada kesempatan tersebut, Gubsu menegaskan akan mendukung penuh pembangunan dan penataan Benteng Putri Hijau. Hal itu bertujuan untuk melestarikan situs yang menyimpan sejarah peradaban Sumut tersebut.

Sejarah itu, kata Gubsu, harus diturunkan kepada generasi muda sebagai warisan budaya Sumut. Salah satu caranya adalah dengan menatanya menjadi tempat wisata yang baik.

"Saya akan dukung terus pembangunannya dan penataannya. Kalau tidak dibeginikan bisa hilang nanti. Lihat sekelilingnya, sudah jadi perumahan. Ini untuk anak cucu kita," ungkap Gubsu. 

Saat ini, ucap mantan Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan ini, Dinas Pariwisata Sumut sedang menata dan membangun situs Benteng Putri Hijau. Direncanakan, pada situs ini akan dibangun berbagai fasilitas, seperti sanggar, galeri, museum dan lainnya untuk menarik minat wisatawan.

"Sekarang sedang berproses dan yang sudah jadi ini sekarang, pelataran. Selanjutnya kita akan bangun galeri, sanggar, jalannya kita bagusin dan fasilitas umum lainnya," kata Gubernur Sumut

Pada kesempatan ini, Gubsu juga memberikan penghargaan kepada dua kepala daerah atas upaya mereka menjaga situs bersejarah. Pertama Bupati Deli Serdang atas upayanya dalam menjaga situs Benteng Putri Hijau dan Bupati Pakpak Bharat untuk upayanya menjaga benda-benda dan situs bersejarah.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Bupati Deli Serdang dan Pakpak Bharat menjaga situs dan benda-benda bersejarah. Mudah-mudahan kita bisa terus lakukan ini," kata Edy Rahmayadi.

Hadir pada acara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Ny Hj Nawal Lubis, Wakil Bupati Pakpak Bharat, Mutyuhito Solin, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Sumut, Zumri Sulthony dan Budayawan, Dato' Adil Freddy Haberham. Hadir juga tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan OPD Pemprov Sumut terkait

Wakil Bupati Deli Serdang didampingi, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Drs Binsar TH Sitanggang MSP, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Heriansyah Siregar ST, Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Suriadi SSos, Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfostan, Hermina Oktria Br Damanik, Camat Namorambe bersama Muspika. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel