Bunda PAUD Deli Serdang Terima Penghargaan Wiyata Dharma Utama dari Kemdikbudristek

Foto : Bunda PAUD Deli Serdang Terima Penghargaan (tengah).

DikoNews7 -

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menghadiri Pemberian Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Nasional Tahun 2021 kategori Wiyata Dharma Utama di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (14/9/2022).

"Anak-anak usia dini sama kita pahami merupakan unsur sangat penting yang menginginkan agar pada saatnya, sumber daya manusia (SDM) kita betul-betul menjadi SDM yang andal dan bisa memanfaatkan seluruh potensi kekayaan sumber alam negeri kita untuk kemajuan Indonesia," ungkap Bupati.

Pendidikan anak usia dini, sebut Bupati, memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak, seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan religiusitas. Pendidikan karakter sejak usia dini akan menjadi pondasi untuk anak-anak ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan PAUD berkualitas. 

"Berbagai terobosan terus dilakukan, tidak hanya pada anak-anak yang sehat, tapi juga pada anak usia dini berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pelayanan dan pendidikan yang sama. Sejak tahun 2019, bahkan hingga saat ini, sudah ada 11 kecamatan yang aktif melaksanakan layanan bagi anak-anak anak berkebutuhan khusus (ABK) ini melibatkan para organisasi perangkat daerah (OPD)  terkait, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, untuk meningkatkan layanan anak usia dini lebih baik dan merata," terang Bupati.

Adanya Program Apresiasi Bunda PAUD yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi, kata Bupati lagi, adalah hal yang baik karena bertujuan untuk mendorong terciptanya pelayanan PAUD yang berkualitas dan profesional.

"Penyerahan apresiasi Bunda PAUD Kabupaten dengan kategori Wiyata Dharma Utama ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Deli Serdang untuk terus memberikan pelayanan prima. Kepada Bunda PAUD Kabupaten Deli Serdang, saya mengucapkan selamat atas diperolehnya apresiasi Wiyata Dharma Utama ini," ucap Bupati.

Ditegaskan Bupati, apresiasi yang diberikan itu diharapkan menjadi kebanggaan dan motivasi untuk melaksanakan kewajiban lebih baik lagi ke depannya. Di kesempatan itu, Bunda PAUD Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan menegaskan keberhasilan meraih penghargaan itu merupakan bentuk perjuangan semua pihak. 

"Organisasi Mitra PAUD, Bunda PAUD di kecamatan yang mendukung program saya juga hebat. Diuji kesabarannya. Selain sabar, segala macam emosionalnya bisa terkendalikan menghadapi anak-anak, berasal dari anak yang diam, dari anak yang segala macam. Jadi, itu memang betul-betul sabar dan betul-betul bisa menahan emosi. Dan toleransi yang tinggi kepada anak-anak," tegas Bunda PAUD Deli Serdang.

Ny Yunita Ashari Tambunan juga mengajak semua pihak untuk terus berperan dan memberikan pengabdian terbaik demi meningkatkan sarana dan prasarana PAUD, memberikan kemudahan akses layanan PAUD, termasuk bagi anak disabilitas dan berkebutuhan khusus serta upaya lain untuk memajukan PAUD. "Mari bergerak dan berperan bersama agar PAUD maju dan berkualitas," ajak Ny Yunita.

Sementara itu, Direktur PAUD Kemdikbudritek RI, Deni Wijaya Utama, menjelaskan PAUD merupakan kunci dari keberhasilan pembangunan SDM. "Usia emas untuk kembang anak merupakan investasi paling tinggi memberikan rate of return dibandingkan dengan investasi lain di seluruh periode siklus hidup. 
 
Selanjutnya, pada kesepakatan pembangunan dunia yang berkelanjutan atau yang dikenal dengan Subscriber Development Goals, kualitas pendidikan perkembangan anak usia dini menjadi salah satu target prioritas. Ini semakin menguatkan pandangan yang mempercayai investasi dalam pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini merupakan faktor penting bagi sebuah negara agar dapat bersaing di era globalisasi," jelasnya.

Ditegaskannya, selaras dengan hal itu, semua anak, baik perempuan dan laki-laki memiliki akses yang sama terhadap pendidikan yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menembus pendidikan dasar. Upaya ini diwujudkan dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No.60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Upaya pemerintah, katanya lagi, tidak hanya berhenti pada kebijakan, tapi lebih jauh menyentuh yang lebih mikro. Hal ini tercermin dengan adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No.84 Tahun 2014 Tentang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Permendikbud No.146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013.

"Pendidikan Anak Usia Dini berkualitas adalah satuan PAUD yang memiliki lingkungan belajar aman nyaman dan mampu memfasilitasi anak agar berkembang dengan utuh untuk siap bersekolah. Berkualitas memiliki empat elemen, yaitu kualitas dan proses pembelajaran kemitraan dengan orangtua wali, dukungan kebutuhan anak usia di luar pendidikan dan juga kepemimpinan pengelolaan sumber daya untuk merealisasikan program yang kuat," terangnya.

Berkualitas tersebut dibutuhkan berbagai peran, salah satunya adalah peran Bunda PAUD yang mampu menggerakkan seluruh komponen dan sumber daya di wilayahnya. Memiliki peran sangat strategis dalam mendorong upaya menciptakan penyelenggaraan PAUD berkualitas.

Turut hadir di acara itu, Tim Direktorat PAUD Kemdikbudristek RI, Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Darwin Zein SSos, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah MSP, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny Herawati Darwin Zein, pimpinan dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), camat se-Deli Serdang, perwakilan Persit Kartika Candra Kirana Brigade Infantri 7/RR, perwakilan Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0204/DS, perwakilan Bhayangkari Polresta Deli Serdang, dan lainnya. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel