Irwansyah Nst : Jadikan Pilkades Sarana Untuk Berdemokrasi Yang Cerdas Saling Asih dan Asuh

Foto : Ketua POKDAR Kamtibmas Kabupaten Batu Bara Irwansyah Nst SH MHum.

DikoNews7 -

Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kebupaten Batu Bara yang akan berlangsung November 2022 di ikuti 39 desa dari 12 kecamatan menjadi perbincangan di semua kalangan masyarakat. Salah satunya ketua POKDAR Kamtibmas kabupaten Batu Bara, Irwansyah Nasution SH MHum angkat bicara.

Menurut Irwan, banyak pihak sudah mulai membangun pencitraan cari dukungan sana sini. Pilkades mulai terlihat seru, apa lagi rumor sponsor para pemain Politik 2024 mulai pasang badan, sumbangan dana dan bantuan biar dapat gantian dengan Kades terpilih nanti.

Hal ini di katakan Ketua Pokdar Kamtibmas kabupaten Batu Bara Irwansyah Nasution di Warkop Namira Tanjung Tiram, Sabtu (17/09/2022) seputar menjelang pesta demokrasi Pilkades kabupaten Batu Bara.

Alumni salah satu Universitas di  Jokyakarta itu mengatakan, Pilkades ini erat kaitannya kepentingan pembangunan di desa, jadi diperlukan sikap negarawan dari balon agar mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi idealnya begitu.

Lanjutnya, soal menang dan kalah dalam pemilihan itu penting bagi sang Calon Kepala Desa (Cakades), namun yang lebih penting kita harus utamakan kepentingan masyarakat desa, adanya kepemimpinan yang di hasilkan dari pemilihan itu mempunyai legitimasi dan dukungan masyarakat desa.

“Sesuai aturan di Pilkades itu sendiri jangan bermanuver yang mengakibatkan gangguan Kamtibmas di desa akibat ketidak puasan hasil Pilkades, gunakanlah hukum dan aturan yang di buat Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai wasit untuk meminimalisir ke tidak puasan hasil yang di capai agar tidak menimbulkan kegaduhan,“ beber Alumni salah satu Universitas di Jokyakarta itu.

Suksesnya Pilkades, dengan harapan Kades terpilih terpenuhi integritasnya kedepan dalam mimimpin jangan menimbulkan luka baru di tengah masyarakat desa, karena yang ingin kita capai bersama adalah terwujudnya persatuan di antara warga desa agar memudahkan Kades terpilih melaksanakan program pembangunan.

“Saya pikir kita harus sepakat di situ dulu, POKDAR Kamtibmas kabupaten Batu Bara mendorong agar Pilkades berlangsung aman, seperti juga Kepolisian di masing-masing dan Pilkades itu sebagai pengaman jalannya Pilkades bersama panitia tentunya, “ cetus Irwan.

Apa ada potensi gangguan keamanan ?, ya tentu saja, soalnya melibatkan orang banyak dengan masing-masing memiliki pendukung jadi resiko kesana potensinya ada tugas kita berusaha meminimalisir perselisihan dengan menjunjung Fair Play dan menanamkan pengertian bahwa Pilkades itu hanyalah sarana bukan tujuan dan tujuan utama ya terciptanya Pilkades yang kondusif semuanya patut di hayati bagi para pihak yang bertanding.

Integritas Calon Kepala Desa, calon itu harus punya maksud pencalonannya itu untuk kemenangan semua warga desa bukan pribadinya semata dan kelompok, walau pun dia kalah, menang dan kalah hanyalah proses pendewasaan demi tujuan membangun potensi kekuatan desa melalui Pilkades itu.

Selanjutnya, ia harus menyadari jabatan Kepala desa itu sarana untuk membangun kekuatan warga desa agar kompak, bukan terpecah belah selesai Pilkades, jadikan Pilkades sarana untuk proses berdemokrasi yang cerdas saling asih dan asuh bukan saling mengasah, apa lagi menghasut, tutup Irwansyah.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel