Penembakan Sekolah Rusia: 17 Orang Tewas, Pelaku Pakai Baju Nazi

Foto : Anak-anak sekolah berlarian ketika terjadi peristiwa penembaan sekolah No. 88 di  Izhevsk, Rusia, Senin, 26 September 26, 2022. 11 Anak-anak tewas. (Dok AP Photo)

DikoNews7 -

Insiden penembakan terjadi di sekolah Rusia. 11 anak menjadi korban, sementara pelaku penembakan bunuh diri.

Dilaporkan AP News, Selasa (27/9/2022), penembakan itu terjadi di School No. 88 di Izhevsk. Sekolah itu berada di wilayah Udmurtia yang jaraknya jauh dari Moskow.

Komisten Investigasi Rusia mengidentifikasi pelaku sebagai pria bernama Artyom Kazantsev yang berusia 34 tahun. Ia adalah alumni dari sekolah yang sama.

Pelaku juga diketahui menggunakan t-shirt yang menampilkan simbol-simbol Nazi. Belum jelas apa motif pelaku.

Pemerintah Udmurtia menyebut 17 orang tewas, dan 11 orang adalah anak-anak. Sebanyak 25 orang lainnya terluka, termasuk 22 anak kecil. Sekolah itu mengajar anak-anak kelas satu hingga 11.

Gubernur Udmurtia Alexander Brechalov berkata pelaku penembakan adalah pasien di fasilitas psikiatri. Ia bunuh diri setelah menyerang.

Garda Nasional di Rusia berkata pelaku memakai dua non-lethal handgun, namun pistol itu diadaptasi agar bisa menembakan peluru asli. Senjata-senjata itu tidak terdaftar di pihak berwenang.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menyebut serangan yang terjadi sebagai tindakan teror. Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan agar kasus ini dituntaskan.

"Presiden Putin sangat berduka atas kematian orang-orang dan anak-anak di sekolah tempat serangan teroris itu terjadi," ujr Dmitry Peskov.

Kasus penembakan sekolah jarang terjadi di Rusia. Namun, penembakan juga terjadi di Kazan pada 2021, dan sembilan orang meninggal. Pelaku yang saat itu berusia 19 tahun adalah mantan murid di sekolah tersebut. (*)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel