Bupati Resmikan Operasional Jembatan Pantai Serambi Deli Senilai Rp3,5 M

Foto : Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan resmikan Jembatan Pantai Serambi Deli di Desa Paluh Sibaji.

DikoNews7 -

Jembatan Pantai Serambi Deli di Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, diresmikan penggunannya oleh Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan, Rabu (19/10/2022).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati. "Melalui jembatan yang dibangun ini memberi manfaat yang sebanyak-banyaknya bagi masyarakat, khususnya masyarakat Deli Serdang, dan khusus lagi warga Pantai Labu. 
 
InsyaAllah, Tuhan meridhai semua pihak yang semua pihak yang telah berkontribusi atas terbangunnya jembatan ini," kata Bupati dalam sambutannya.

Dijelaskan Bupati, jembatan tersebut sudah selesai dibangun sejak tiga bulan lalu dengan dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Deli Serdang Tahun Anggaran 2021.

"Jembatan ini selesai tiga bulan lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang mulai anggaran di Perubahan APBD 2022 ini dan Rancangan APBD 2023, akan memperbaiki akses yang menghubungkan Kota Pantai Labu dengan jembatan ini," kata Bupati ketika dikonfirmasi wartawan usai peresmian.

Dengan diresmikannya jembatan itu, Bupati berharap akan lebih banyak akses yang baik bisa dilalui masyarakat ke berbagai tempat, khususnya ke daerah yang mempunyai potensi wisata.

"Harapan lainnya, tentu saja membaiknya perekonomian masyarakat, meningkatkan kesejahteraan. Dan saya pikir tidak salah, kalau saya sebutkan meningkatkan kebahagiaan juga. Karena, masyarakat bisa berwisata dengan kondisi infrastruktur yang cukup baik," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Deli Serdang, Janso Sipahutar merinci Jembatan Pantai Serambi Deli tersebut dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Deli Serdang (sekarang Dinas SDABMBK) melalui dana dari APBD Deli Serdang tahun 2021 sebesar Rp3.587.214.000.

"Jembatan ini dibangun untuk menggantikan jembatan lama yang sudah rubuh sebelumnya dan dipasang jembatan batang kelapa sementara yang tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Jembatan Paluh Sibaji (Jembatan Pantai Serambi Deli) memiliki panjang 20,60 meter dan lebar 6,20 meter (lebar bersih 4,70 m ditambah pedestrian 0,75 meter kiri-kanan). Berupa konstruksi jembatan girder dengan lantai beton cor," rincinya.

Jembatan tersebut, sambung Kadis SDABMBK, merupakan akses menuju lokasi wisata Pantai Serambi Deli yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu.

"Dengan dibangunnya jembatan ini, diharapkan kendaraan roda empat dapat melintas dengan nyaman dan aman yang diiringi dengan peningkatan jumlah pengunjungyang datang," imbuh Kadis SDABMBK.

Untuk mendukung perkembangan pariwisata di Pantai Serambi Deli, ujar Kadis SDABMBK lagi, pihaknya akan melakukan penanganan jalan menuju menuju lokasi tersebut sepanjang 1,9 kilometer (km) tahun 2023 mendatang.

"Saat ini masih berupa jalan perkerasan sirtu. Ini merupakan kelanjutan dari pekerjaan pengaspalan jalan sebelumnya yang juga telah dikerjakan pada
tahun 2021. Dengan demikian pembangunan yang berkesinambungan dan tuntas dapat terwujud dengan baik," pungkas Kadis SDABMBK.

Setelah meresmikan jembatan tersebut, Bupati dan rombongan melanjutkan kegiatan dengan meninjau penahan ombak di Desa Rugemuk, Kecamatan Pantai Labu.

Hadir pada peresemian jembatan tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan, Drs Iwan Januar Salewa, Kadis Perkim, Heriansyah ST Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Cikataru), Rachmadsyah ST, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Yudy Hilamawan SE MM, Kadis Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Budporapar), H Khoirum Rizal ST MAP, Kadis Pertanian, Rahman Saleh Dongoran SP Msi, Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan), Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Kabag Perekonomian dan SDA, Sri Eka Yani SSos MAB, Kabag Kesra, Drs Syahrul MPD; Camat Pantai Labu, Rahmat Azahar Siregar SSTP MM dan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), Ketua TP PKK Pantai Labu, Ny Nurbaiti Rahmat Azahar Siregar; dan lainnya. (*)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel