Irjen Nico Afinta, Kapolda Jatim yang Dicopot Kapolri Usai Tragedi Kanjuruhan

Foto : Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

DikoNews7 -

Irjen Pol Nico Afinta dicopot dari jabatan Kapolda Jawa Timur (Jatim). Kini dia dimutasi menjadi Staf Ahli Sosial Budaya (Sahlisosbud) Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Pencopotan Irjen Nico Afinta dari jabatan Kapolda Jatim tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 yang diterbitkan Senin 10 Oktober 2022. Mutasi ini dikonfirmasi oleh Kadiv Humads Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

"Ya betul, tour of duty and tour area. Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," ucap Dedi, Senin, 10 Oktober kemarin malam.

Sempat mencuat kabar, bahwa pencopotan Kapolda Jatim tersebut imbas Tragedi Kanjuruhan, Malang yang mengakibatkan 131 orang meninggal serta ratusan orang lainnya terluka.

Seperti diketahui, pada 1 Oktober lalu digelar laga Arema FC vs Persebaya, 1 Oktober 2022 lalu. Jalannya pertandingan berlangsung aman dan terkendali, sampai peluit panjang sang wasit berbunyi dengan hasil akhir 3-2 untuk Persebaya Surabaya yang berhasil mengalahkan Arema di kandang sendiri.

Aremania yang diduga tak terima dengan kekalahan tersebut, turun ke lapangan. Karena dinilai aksi mereka mengarah anarkis, aparat pun bertindak dengan menggunakan gas air mata ke massa.

Para suporter pun kocar-kocir dan berusaha menyelamatkan diri dari kepungan asap dan akhirnya jatuh korban. Dari 678 korban, menurut catatan sebanyak 131 orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan tersebut.

Buntut tragedi ini, desakan agar Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta dicopot dari jabatannya pun bermunculan. Jenderal bintang dua Polri ini dinilai sebagai pihak yang ikut bertanggung jawab.

Untuk diketahui, saat ini posisi Irjen Nico Afinta di Polda Jatim telah digantikan oleh Irjen Teddy Minahasa Putra. Pria kelahiran Minahasa, 23 November 1971 tersebut merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) 1993 yang berpengalaman di bindang lalu linta (lantas).

Putra Minahasa tersebut juga pernah menjabat sebagai Kapolda Banten, Wakapolda Lampung serta Karopaminal Divpropam Polri, dan juga sebagai Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) baru periode 2021-2026. (*)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel