Pemkab Langkat dan PT Indonesia Power Resmikan Jalan Cendrawasih Berbahan Baku FABA

Foto : Peresmian pembangunan jalan Cendrawasih.

DikoNews7 -

Pemerintah Kabupaten Langkat dan PT Indonesia Power PLTU PNS OMU, meresmikan pembangunan jalan Cendrawasih menggunakan bahan baku limbah batu bara atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) di Kelurahan Pelawi Utara, Kecamatan Babalan, Langkat, Senin (04/10/2022).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Kabupaten Langkat H Amril S.Sos MAP dan General Manager PT Indonesia Power PLTU PNS OMU Trisno Widayat.

Dalam kata sambutannya, Trisno Widayat mengatakan, PLTU Pangkalan Susu menghasilkan 30% pasokan listrik untuk Sumbagut, PT Indonesia Power sebagai anak perusahaan PLN akan sekuat tenaga bekerja guna mensuplay aliran listrik di wilayah Sumbagut.

Selama perjalanannya, PLTU P.Susu juga menghasilkan limbah batu bara (FABA) namun Alhamdulillah, limbah ini sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat, karena bisa dimanfaatkan untuk bahan kontruksi bangunan.

Saat ini kita bekerja sama dengan Pemkab Langkat, dalam pemanfaatan FABA sebagai bahan utama pembangunan jalan Cendrawasih, sepanjang 532 meter, lebar 3 meter dengan ketinggian 20 cm, dimana FABA yang digunakan mencapai 346 ton.

"Dari hasil uji yang kita lakukan, kekuatannya mencapai K 240 hingga bisa dilalui truck bermuatan 5-8 ton dan kita akan terus berinovasi dalam pemanfaatan FABA hingga dapat digunakan dan bermanfaat bagi masyarakat, " ucap Trisno Widayat.

Sementara itu, Sekdakab Langkat H Amril S.Sos MAP mengatakan, berterima kasih kepada PT Indonesia Power PLTU PNS OMU atas kerja sama dengan Pemkab Langkat.

"Sebagai Pilot Project dan Launching pemanfaatan FABA di Kabupaten Langkat, pembangunan jalan Cendrawasih menggunakan limbah batu bara dapat dicontoh desa-desa lainnya, selain ramah lingkungan, efesien namun juga murah, semoga kerja sama ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap H Amril S.Sos MAP.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemanfaatan limbah batu bara (FABA) dengan Pemkab Langkat, yang dilakukan oleh Kepala BAPPEDA Langkat Rina Marpaung,S, STP dan GM PT Indonesia Power PLTU PNS OMU Trisno Widayat.

Acara juga dihadiri, Kadis PUPR Langkat Khairul Azmi,S.Stp, Wakil Ketua DPRD Langkat Ir Donny Setha, anggota Komisi C DPRD Langkat Syamsul Rizal, anggota Komisi A DPRD Langkat Dedi Kaisa, Tokoh Masyarakat P.Brandan H Syahrum Hakim, Ketua TKSK Babalan Ismail, Ketua MUI Babalan Khaidir Siagian, Camat Babalan Fajar Aprianta Sitepu, Camat Sei Lepan M Iqbal Ramadhan, Camat P.Susu T Safrie Elza Hadi, Camat Tanjung Pura M Nawawi, Polsek P.Brandan, Danramil 13 Pantai Babalan serta Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Babalan dan undangan lainnya. 

Reporter : Kurnia 02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel