Puncak Peringatan HKN ke-58. Pemkab Langkat Gelar Berbagai Baksos

Foto : Pemkab Langkat Gelar Berbagai Baksos.

DikoNews7 -

Pemkab Langkat melalui Dinas Kesehatan menggelar resepsi peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun, di Kantor Dinkes Langkat, Stabat, Senin (28/11/2022). 

Peringatan ditandai pemotongan nasi tumpeng oleh Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, melalui Sekdakab Langkat H Amril SSos MAP.

HKN 2022 ini bertema "Bangkit Indonesia Ku Sehat Negeri Ku", diikuti seluruh tenaga kesehatan (Nakes) jajaran Dinkes dan Nakes dari klinik dan rumah sakit BUMN maupun swasta di Langkat .

Ketua panitia, dr Azhar Zulkifli MHKes menjelaskan peringatan HKN jatuh pada 12 November. Rangkaian kegiatannya dilaksanakan sejak 11 November oleh Dinkes Langkat dengan banyak melaksanakan bakti sosial (Bansos).

Diantara rangkaian kegiatan yang digelar:
Pelaksanaan pengobatan gratis.
Khitanan massal dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Puskesmas se- Langkat. Pelaksanaan seminar kesehatan. Pelaksanaan gerak jalan santai.
Publikasi dan penghargaan bagi tenaga kesehatan teladan.
Perlombaan Puskesmas terbaik kategori: balita sehat, senam peregangan, senam Prolanis dan senam lansia.

"Jadi pada puncak peringatan HKN hari ini, akan dilaksanakan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba. Juga memberikan santunan kepada 20 anak yatim," sebutnya.

Plt Kadis Kesehatan Langkat, dr Juliana MM menjelaskan tema yang dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat, dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Untuk secara bersama-sama, bahu membahu, dan bergotong-royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi covid-19. Kini masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif, sehingga Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

"Indonesia khususnya Kabupaten Langkat, termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global akibat pandemi covid-19.

Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi dunia dengan total 440 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai Oktober 2022," ungkapnya.

dr Juliana juga menyampaikan peringatan HKN ini sebagai momentum bagi pemerintah berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air. 

Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan, berfokus pada enam (6) pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.
1. Transformasi layanan primer.
2. Transformasi layanan sekunder (rujukan atau rumah sakit).
3. Transformasi sistem layanan kesehatan
4. Transformasi sistem pembiayaan kesehatan.
5. Transformasi sumber daya manusia kesehatan.
6. Transformasi teknologi kesehatan.

Selanjutnya, Sekda Amril mengucapkan selamat HKN. Dirinya yakin Nakes adalah orang yang beruntung, karena dapat menunaikan kerja yang juga bernilai ibadah.

"Kami mengetahui berat tugas yang bapak/ibu emban, terutama mereka para bidan yang bekerja di pelosok desa dan dusun. Demikian juga para mantri kesehatan yang tidak kenal waktu berdinas, siang dan malam memberikan sumbang ilmu, waktu dan tenaganya demi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan," ungkapnya.

"Untuk itu, kami seluruh masyarakat Langkat mengucapkan terimakasih kepada Nakes se-Langkat, telah menjaga kesehatan kami," tambahnya.

Sekda berharap melalui tangan-tangan dingin para Nakes di Langkat, kedepan tidak ada lagi keluhan dalam pelayanan pasien di puskesmas-puskesmas, dan di rumah sakit daerah. 

Hanya karena tenaga kesehatan tidak berada di tempat, petugas kesehatan masih beristirahat, pelayanan yang berbelit-belit, penggunaan ambulan yang membutuhkan biaya besar.

Kemudian acara dilanjutkan pemberian penghargaan Nakes teladan tingkat provinsi dan nasional  kepada :
1.Rosmaniar AMKeb, Bidan Puskesmas Secanggang.
2.dr Al Ikhwan Salam, Dokter RSUD Tanjungpura.

Pengumuman dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba dalam peringatan HKN tingkat Kabupaten Langkat:
Pemenang lomba lansia piala bergilir:
1.Puskesmas Beras Basah, hadiah Rp2 juta.
2.Puskesmas Stabat, hadiah Rp1.5 juta.
3.Puskesmas Sambirejo, hadiah Rp1juta.

Pemenang senam Prolanis:
1.Puskesmas Selesai, hadiah Rp2 juta.
2.Puuskesmas Beras Basah, hadiah Rp1.5 juta.
3.Puskesmas Karang Rejo, hadiah Rp1 juta.

Lomba senam peregangan:
1.Puskesmas Namuukur, hadiah Rp2 juta.
2.Puskesmas Tanjung Langkat, hadiah Rp1.5 juta.
3.Puskesmas Gebang, hadiah Rp1 juta.

Puskesmas terbaik se-Langkat katagori kebersihan, administrasi dan pelayanan:
1.Puskesmas Selesai
2.Puskesmas Stabat
3.Puskesmas Desa Lama

Turut hadir Plt Asisten I Drs Hermansyah MIP, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos MSP, Kadis Pertanian Hendri Tarigan SPt MMA, Camat Stabat Nuriadi SSos, Kapus se-Langkat, pimpinan BUMN dan BUMD, Organisasi Profesi Kesehatan dan undangan lainnya.

Reporter : Kurnia 02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel