DPC Partuha Maujana Simalungun Batu Bara Resmi Dilantik

Foto : Bupati Batu Bara Ir  Zahir MAP

DikoNews7 -

Guna menjaga keberagaman dan memajukan budaya Simalungun sebagai satu suku masyarakat yang ada di kabupaten Batu Bara. Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partuha Maujana Simalungun kabupaten Batu Bara resmi dilantik, Minggu (04/12/2022).

Pelantikan di pimpin langsung oleh Bupati Batu Bara Ir  Zahir MAP di Desa Laut Tador. Pelantikan Partuha Maujana mengusung tema “Ulang Lupa Bona“ (Jangan Lupa Kepada asal ) dan sub tema “Dengan melaksanakan Patappei Sihilap (Pelantikan) Partuha Maujana Simalungun kabupaten Batu Bara ini, dapat memajukan budaya Simalungun sebagai satu suku budaya masyarakat yang ada di kabupaten Batu Bara.

Acara pelantikan DPC Partuha Maujana Simalungun kabupaten Batu Bara berlangsung dengan hikmad, acara di laksanakan dengan adat dan tradisi Simalungun (Patappei Sihilap).

Pada kesempatan tersebut Bupati Batu Bara Zahir sangat mengapresiasi terbentuknya organisasi Batak Simalungun di Batu Bara.

Di katakan Bupati Batu Bara Zahir, pelantikan Partuha Maujana Simalungun merupakan yang pertama kalinya organisasi etnis Batak Simalungun yang berdiri di kabupaten Batu Bara.

“Hadirnya DPC Partuha Maujana Simalungun (PMS) ini dapat menambah kemajuan terhadap kabupaten Batu Bara melalui sumbangsi ide-ide dan gagasan yang diberikan,“ harap Bupati Zahir.

Pastinya saya selaku Bupati Batu Bara akan tetap mengayomi seluruh etnis suku dan budaya yang ada di kabupaten Batu Bara sesuai Sila ke Lima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, ucap Zahir.

Pada acara itu, Syarizal Purba resmi dilantik  sebagai Ketua DPC  Partuha Maujana Simalungun (PMS) kabupaten Batu Bara, dan Aliman Saragih sebagai Sekretaris, serta Arianda Damanik sebagai Bendahara.

Kegiatan pelantikan DPC PMS Batu Bara turut di hadiri oleh Ketua Umum DPP PMS Marsiaman Saragih SH, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, Ketua DPC Pejuang Bravo Lima Batu Bara Vicktor Oktopianus Saragih SH, Ketua Kadin Batu Bara OK Faizal, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Safri Moesa, Plt Kepala Badan (Kaban) BPBD Batu Bara Achmadan Chair, Plt Kadisdik D Tumanggor, Camat Laut Tador Wandi serta Perwakilan Inalum dan seluruh pengurus DPC PMS Batu Bara.

Di kesempatan tersebut, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP dan Ketua DPC Pejuang Bravo Lima Batu Bara Vicktor Oktopianus Saragih. SH resmi di nobatkan sebagai Penasehat dalam kepengurusan DPC Partuha Maujana Simalungun (PMS) Batu Bara.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Presidium  PMS, Marsiaman Saragih SH dalam sambutannya mengatakan, agar suku Batak Simalungun di Batu Bara dapat solid.

“Semoga dengan terlaksananya Patappei Sihilap ini nantinya dapat memajukan budaya Simalungun sebagai satu suku budaya masyarakat yang ada di kabupaten Batu Bara, “ harapnya.

Lanjutnya, saya juga berpesan kepada Ketua yang baru dilantik agar nantinya dapat bersinergi dengan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara sehingga dapat bersama-sama memajukan kabupaten Batu Bara yang kita cintai ini, ujarnya.

Disela-sela kegiatan pelantikan PMS Batu Bara  Ketua Pejuang Bravo Lima Batu Bara, Vicktor Oktopianus. SH selaku Penasihat DPC PMS kepada awak media berharap agar segala kegiatan adat dan tradisi kedaerahan Simalungun untuk lebih digalakkan lagi.

“Partuha Maujana Simalungun ini merupakan persatuan bagi marga Saragih, Sinaga, Damanik dan Purba. Melalui kegiatan ini, saya mengajak kepada saudara-saudara saya yang bermarga tersebut dapat bergabung dengan kami,“ ajaknya.

Ia juga menambahkan, bahwa tradisi dan adat merupakan warisan budaya dari para leluhur yang harus dijaga kelestariannya, agar generasi bangsa mengetahui budaya yang mereka miliki

“Maka dari itu kita harus galakkan tradisi kedaerahan yang positif. Diantaranya perayaan Marsombuh Sihol yaitu malam hiburan seni untuk melepas rindu yang kerap dilakukan oleh perantau Simalungun, “ pungkasnya.

Reporter : Erwin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel