Jelang Nataru 2023 Bandara Kualanamu Prediksi Terjadi Lonjakan Penumpang


DikoNews7 -

PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Udara Internasional Kualanamu memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pada moment hari Natal dan Tahun Baru 2023.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi Bandar Udara Internasional Heriyanto Wibiwo mengatakan, titik puncak arus keberangkatan akan terjadi pada H-1 dengan jumlah trafik pesawat 188 flight dan jumlah trafik penumpang mencapai 25.573 pax.

Sedangkan untuk arus balik diperkirakan puncak akan terjadi pada H +1 Tahun Baru dengan jumlah trafik pesawat flight dan jumlah trafik penumpang mencapai 25.088 pax

"Julmah pergerakan penumpang du Bandara Internasuonal Kualanamu di Tahun 2022 ini mengalami peningkatan yang cukup baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya naik sekitar 11% pada tahun ini", kata Handoko.

Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang,PT Angkasa Pura Aviasi melakukan berbagai persiapan baik dari Sisi Udara (airside) maupun Sisi Darat (landside)  seperti falsilitas pendukung Pemandu Udara, Take Off atau Landing, fasilitas pergerakan pesawat udara di Apron termasuk Garbrata, peningkatan kapasitas Uninterruptible Power Supply (UPS) dan Genset untu antisipasi pasokan tenaga listrik serta fasilitas pendukung Ground Handling juga meningkatkan Personel Layanan dan Keamanan, Terminal Inspector Service (TIS) total 40 personel,Teknik total 130 personel.

Operasi total 484 personel dan tambahan personel dari Eksternal terdiri dari TNI dan Polri sebanyak 15 orang sementara untuk Dinas Kesehatan 3 personel, KKP 3 personel serta Dinas Perhubungan 3 personel.

"Pihak Maskapai juga sangat mendukung kegiatam ini dengan melakukan penambahan jumlah Pesawat yang beroperasi selama angkuta Natal dan Tajun Baru 2023" kata Handoko.

Dengan dilkukan persiapan tersebut diharapkan dapat mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan sebagai dampak dari Penundaan maupu Pembatalan jadwa Penerbangan.

Selain itu, kegiatan Patroli Mobil dan Online Report ke Posko posko akan dilkukn degan Optimal.

"Saat ini tercatat 1 Extra Flight diajukan oleh Maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Bandara Cengkareng untuk mendukung angkuta Natura, semoga pandemi segera berakhir dan dunia peneebangan kembali tersenyum" tadas Handoko.

Reporter : Misdi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel