KPU Batu Bara Gelar Uji Publik Rancangan Penataan Dapil Pemilu 2024


DikoNews7 -

Bertempat di Hotel Grand Malaka Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Batu Bara menyelenggarakan Uji Publik Rancangan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Batu Bara dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Ketua KPU kabupaten Batu Bara M. Amin Lubis, Rabu (14/12/2022).

Turut hadir, Asisten I Setdakab Batu Bara, Forkopimda, Para Pengurus Partai Politik, Camat se-kabupaten Batu Bara, Perwakilan dari beberapa OPD, Ketua Gemkara, Anggota DPRD Batu Bara, Ketua Bawaslu Batu Bara, Komisioner KPU Batu Bara, Polres Batu Bara, Kejari Batu Bata, serta tamu undangan lainnya.

Dalam keterangannya Ketua KPU Batu Bara M. Amin Lubis  menyampaikan, hari ini pelaksanaan Uji Publik terkait pengadaan Dapil untuk Pemilu tahun 2024. Uji Publik ini tentu dihadiri pihak-pihak berkepentingan beserta calon peserta  Pemilu tahun 2024.

“Uji Publik ini tentu kita sudah merancang tiga usulan daerah Pemilihan, nah, disini nati kita uji apakah memang tiga usulan yang di usulkan KPU ini relevan dan sesuai dengan aturan perundang-undangan, “ sebutnya.

Di katakannya, hasilnya nanti out putnya adalah kita mendapatkan tanggapan atau masukan dari masyarakat terkait pendataan Dapil, apakah memang usulan ini usulan satu, dua dan tiga, relevan kita ajukan apakah nanti ada masukan-masukan untuk jalan terbaik mengenai daerah pemilihan tentu sesuai dengan prinsip-prinsip pendataan Dapil yang ada di Undang-Undang No 7 tahun 2017.

“Alokasi kursi anggota DPRD itu secara keseluruhan ada 40 kursi dari 35 kursi ada penambahan 5 kursi, karena penambahan penduduk alokasi kursi itu menjadi 40 kursi. Nah, masing-masing Dapil nanti kita uji dan kita persentasikan melalui sistem Aplikasi daerah pemilihan, “ ujar Ketua KPU Batu Bara.

Lebih lanjut di jelaskan, tentu ada prinsip contohnya prinsip-prinsip kesinambungan dan profesionalitas tentang ketaatan Pemilu, jadi tujuh prinsip ini tentu ada di dalam Undang-Undang No 7 pasal 285. 

Nanti kita lihat simulasinya kalau rancangan kita ada 5 Dapil, kemudian juga nanti kita minta masukan dari masyarakat apa kah ada rancangan secara Undang-Undang dan seusia prinsip ada yang mengusulkan 6 dan 7 tentu kita akan akomodir yang sesuai dengan aturan KPU dan Undang-Undang.

“Harapan kita tentu semua masyarakat terwakili masukannya kemudian harapan kita Dapil yang kita ajukan memenuhi prinsip sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan KPU, dan jangan sampai penyusunan Dapil ini memicu konplik berkepanjangan. Dan kita berharap semua elemen yang berkepentingan terkait ini mendukung rancangan yang diajukan oleh KPU kabupaten Batu Bara. Dapil ini nanti kita bahas yang hari ini KPU fungsinya mengajukan mengusulkan Dapil, tapi nanti Dapil ini di putuskan oleh KPU RI, keputusannya di Pusat, kita fungsi kabupaten / kota hanya mengusulkan dan harapan kita usulan ini di dukung oleh masyarakat kabupaten Batu Bara,“ pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Batu Bara Ade Sutoyo. SP mengatakan, ini adalah sebagian dari pelaksanaan regulasi sebagai mana yang diatur PKPU No 6  tahun 2022 bahwa setelah KPU melakukan pendataan rancangan  Dapil, maka rancangan tersebut disampaikan ke publik untuk  mendapat masukan dan tanggapan dari masyarakat.

“Kemudian secara serimonial juga disampaikan melalui agenda uji publik dan ini memang ketentuan yang diamanatkan oleh PKPU. Bawaslu sendiri melihat bahwa hanya memastikan bahwa apa yang dilaksanakan KPU menyerap aspirasi melalui uji publik ini semoga mendapat respon positif masyarakat terhadap pendataan Dapil ini,“ ujarnya.

Menurutnya, kalau dalam konteks penambahan kursi itu terjadi akibat penambahan jumlah penduduk berdasarkan data agregat kabupaten yang disampaikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), di mana jumlah penduduk kabupaten Batu Bara sampai dengan hari ini berdasarkan di AK2 berjumlah empat ratus sekian ribu.

“Jadi berdasarkan itu Undang-Undang No 7 membuka kesempatan Batu Bara menjadi penambahan kursi dari 35 ke 40. Terkait berapa Dapil yang akan di buat oleh KPU itu sepenuhnya kami serahkan di wadah KPU selaku lembaga yang menangani pendataan Dapil tersebut,“ ungkap Ketua Bawaslu Batu Bara.

Mengenai pendataan Dapil itu sepenuhnya kami harapkan dapat masukan dari Partai Politik yang ada, jadi Bawaslu juga akan melihat proses ini,  semoga pendataan Dapil dapat menghasilkan Dapil yang  benar-benar sesuai dengan tujuh prinsip pendataan Dapil tersebut, tandas Bawaslu Batu Bara Ade Sutoyo.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel