Bebas HALINAR, Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan Kanwil Kemenkumham Sumut Sidak ke Blok Hunian


DikoNews7 -

Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-PK.08.05-714 tentang pelaksanaan langkah progressive sebagai tindak lanjut atas maraknya pengaduan terhadap Lapas/Rutan terkait peredaran narkoba, penipuan online, pungli, dan lain-lain di lingkungan UPT Pemasyarakatan, Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan melakukan pergerakan cepat dan tepat dengan melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) malam hari di kamar hunian warga binaan Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan. Selasa (09/05/2023).

Kegiatan diawali apel personil guna mendengarkan arahan dan petunjuk dalam melaksanakan Sidak. Apel dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan A. Agung Gede Joni Putera,A.MD.IP.SH dan Plh Ka KPR Iqbal Zulharnas. 

Dalam arahannya, Ka Rutan meminta kepada petugas yang ikut melaksanakan sidak untuk tetap profesional, siap siaga dan humanis dalam melaksanakan kegiatan agar hasil yang dicapai optimal.

Dalam sidak ini, petugas memeriksa seluruh blok kamar hunian, selain melakukan pemeriksaan diri dan barang pribadi warga binaan, petugas juga melakukan pengecekan dan memeriksa area yang dianggap rawan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban Rutan.

"Hari ini kita melakukan Sidak di areal blok dan kamar hunian warga binaan, ini merupakan langkah progressive dan deteksi dini yang kita lakukan dalam pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban serta upaya peningkatan kewaspadaan Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan dalam mewujudkan Zero Halinar(Handphone, Pungli dan Narkoba)," ucap Ka Rutan A. Agung Gede Joni Putera,A.MD.IP.SH.

Dari sidak ini, petugas tidak menemukan adanya narkoba, namun petugas menemukan barang-barang yang penggunaannya dilarang digunakan oleh warga binaan di dalam Rutan, diantaranya 6 buah senjata tajam buatan, 1 buah telepon genggam, mancis serta gulungan tembaga halus.

Sebelum menutup kegiatan. Ka Rutan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh petugas yang telah terlibat dan mengapresiasi kinerja jajaran yang telah bekerja keras dalam menjaga Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan tetap dalam keadaan aman dan kondusif.
 
"Keadaan aman terkendali dan semua berjalan lancar, tidak ditemukan adanya narkotika namun kita mendapati dan menyita benda terlarang lainnya seperti sajam, dimana barang sitaan ini nantinya akan dimusnahkan dengan cara di bakar,"  tambah Ka Rutan. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel