Media Soroti Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi Yang Dinilai Asal Jadi


DikoNews7 -

Proyek pembangunan penigkatan jaringan irigasi di Dusun III, V dan VI Desa Bangun Sari, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (T.A) 2023, sangat diragukan kualitasnya dan dugaan pembohongan publik.

Pelaksana pembangunan peningkatan jaringan irigasi oleh CV ATHAILA SINERGI, Proyek yang menelan anggaran hingga milyaran rupiah tersebut terbilang Rp 1.714.631.488.42 diduga dikerjakan asal jadi.

Pasalnya, fisik bangunan pada bagian bawah jaringan saluran irigasi yang berlokasi di Dusun III, V dan VI diduga asal-asalan.

Terlihat dari pantauan awak media di lokasi pengerjaan, bangunan tersebut sudah ada yang rusak dan diatas dan dinding di poles dengan semen agar bangunan itu terlihat bagus.

Salah seorang pekerja mengatakan, fisik bangunan pada bagian bawah jaringan irigasi tidak memakai lapak (pondasi) dan begitu juga tidak menggunakan jerojok di karenakan tanahnya keras sedangkan pemasangan batu cadas dengan cara berdiri, ucapnya kepada awak media, Rabu (24/05/2023).

Selain itu, beberapa titik bangunan pada proyek tersebut juga mulai kelihatan rusak akibat adukan semen yang digunakan diduga tidak sesuai dengan ketentuannya.

Hingga kini, para awak media menyoroti plank proyek tersebut, di karenakan proyek tersebut terletak di kecamatan Datuk Tanah Datar tetapi kenyataannya alamat yang tertera di plank  proyek tersebut berada di kecamatan Sei Balai.

Pekerjaan yang dianggarkan oleh Pemerintah diduga di kerjakan asal-asalan itu terlihat nyata proyek peningkatan jaringan irigasi tersebut tanpa memperdulikan mutu kualitas ketahanan bangunan hal ini sangat disayangkan.

Ini disebabkan lemahnya pengawasan dari pihak dinas terkait dan konsultan pengawas sebagai tehniksi di lapangan yang mendesain kualitas dan kuantitas supaya lebih baik justru sebaliknya akibat diduga butanya konsultan pengawas peningkatan jaringan irigasi yang dikerjakan oleh CV ATHAIlA SINERGI dengan Konsultas Pengawas CV KARYA VITALOKA KONSULTAN.

Sampai berita ini di meja redaksi, sementara belum di ketahui siapa pemilik proyek pembangunan jaringan irigasi, yang diduga pengerjaan tanpa pengawasan dari dinas terkait.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel